17
Sun, Dec
0 New Articles

Aliansi Nissan, Renault, Mitsubishi Raih Penjualan 5,27 Juta Unit di Semester I 2017

Tekno
Typography

Jakarta - Penjualan gabungan dari Renault, Nissan dan Mitsubishi Motor mencapai 5,27 juta unit pada semester I 2017 atau mengalami kenaikan 7 persen. Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motor kini menduduki peringkat pertama penjualan di dunia pada semester I 2017.

Aliansi mencatat peningkatan penjualan dari model Renault, seperti Clio, Sandero, Megane, Captur dan Duster.

Sementara Nissan melaporkan permintaan yang tinggi untuk produk X-trail/Rouge, Sentra/Sylphy, Qashqai dan Altima/Teana.

Penjualan dari Mitsubishi Motors yang menjadi bagian dari Aliansi pada akhir 2016 berhasil mendekati 495.000 unit berkat permintaan yang solid akan SUV Outlander secara global dan Pajero Sport di pasar ASEAN.

Chairman dan Chief Executive Aliansi Renault-Nissan Carlos Ghosn mengatakan akumulasi penjualan kendaraan listrik juga meningkat secara signifikan menjadi 481.151 unit. Peningkatan penjualan ini didorong oleh pemintaan Nissan LEAF dan Renault ZOE, yang tetap menjadi nomor satu kendaraan listrik yang dijual di Eropa.

Di segmen hybrid, Mitsubishi Outlander plug-in hybrid berhasil terjual lebih dari 13.000 unit.

“Aliansi berhasil menciptakan rekor penjualan pada semester 1 tahun 2017 dengan menjual sebanyak 5.268.079 unit kendaraan. Kami akan terus memanfaatkan skala ekonomi dan pasar global yang signifikan untuk memberikan sinergi yang berharga bagi anggota perusahaan baru kami tahun ini," ujar dia dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (2/8).

Renault menjual sebanyak 1.879.288 kendaraan pada semester pertama 2017. Semua merek mencatatkan kenaikan volume penjualan dan pangsa pasar. Merek Renault dan Dacia mencatat rekor penjualan tengah tahun dan Renault menjadi merek kedua yang paling banyak terjual di Eropa.

Nissan Motor Co. Ltd menjual 2.894.488 mobil dan truk di seluruh dunia, naik 5,6 persen. Di Jepang dan Eropa, perusahaan berhasil tumbuh 22,9 persen dan 5,7 persen. Infiniti terjual lebih dari 125.000 kendaraan di semester pertama, meningkat sekitar 13 persen pada periode yang sama di tahun 2016.

Mitsubishi Motors menjual 494.303 unit mobil di seluruh dunia, naik 2,4 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu berkat penjualan Kei Car di Jepang. Peningkatan penjualan juga terlihat dari pertumbungan yang kuat di Tiongkok seiring diluncurkannya Outlander yang diproduksi lokal.

Sementara peningkatan penjualan di Asia Tenggara tinggi atas permintaan SUV dan pick-up.

Ia mengatakan aliansi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi tahun ini karena Mitsubishi Motors bekerja sama lebih erat dengan Nissan dan Renault di berbagai bidang meliputi pengadaan barang, lokalisasi, manufaktur, platform kendaraan, teknologi dan perluasan pasar.

10 Teratas Pasar Renault: Perancis, Rusia, Italia, Jerman, Spanyol, Turki,  Brasil, Iran, Inggris dan Argentina

10 Teratas Pasar Nissan: Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Meksiko, Inggris, Kanada, Russia, Perancis, Italia

dan Jerman.

10 Teratas Pasar Mitsubishi Motors:  Amerika Serikat Tiongkok, Jepang, Australia, Filipina, Indonesia,Thailand,Jerman, Inggris.