17
Sun, Dec
0 New Articles

FaST UPH Gelar Seminar Nasional Sains, Rekayasa, dan Teknologi 2017

Tekno
Typography

Tangerang - Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar agenda dua tahunan Seminar Nasional Sains, Rekayasa, dan Teknologi (SNSRT) untuk yang kedua kalinya. Seminar yang bertemakan “Optimasi Model Keberlanjutan Penyelenggaraan Proyek & Lingkungan Berbasis Kinerja & Masyarakat” ini diadakan pada 17-18 Mei 2017 di D 501 UPH Karawaci.  ‘Optimasi’ sebagai kata kunci mengarahkan kita semua untuk mampu mengoptimalkan segala arah penelitian untuk berdampak semaksimal mungkin bagi seluruh pihak.

Sebanyak kurang lebih 112 paper dari 40 institusi pengirim makalah berhasil terkumpul dalam SNSRT  kali ini. Paper yang terkumpul tersebut mewakili enam area disiplin ilmu yaitu Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknologi Pangan, Bioteknologi, Matematika Terapan, dan Teknik Elektro

Berbeda dengan SNSRT pertama kali pada 2015 lalu, SNSRT kali ini memiliki keunikan dimana makalah ilmiah yang dikirimkan peserta tidak hanya dipublikasikan dalam bentuk prosiding, tetapi juga akan dimuat dalam Jurnal Nasional.

Terkait penyelenggaraan SNSRT ini,  Dekan FaST, Prof. Dr. Manlian R. Simanjuntak, ST., MT., D.Min.  menyatakan bahwa seminar nasional ini merupakan implementasi dari visi dan misi  Fakultas Sains dan Teknologi UPH dalam meningkatkan kualitas penelitian.

“SNSRT menjadi salah satu upaya FaST untuk mengintegrasikan hasil-hasil penelitian dengan program pemerintah yang sedang berjalan. Tantangan ke depan penelitian tidak dapat berjalan sendiri. Begitu juga pemerintah tidak dapat berjalan sendiri. Peran pendidikan tinggi untuk mengkolaborasikan apa yang pemerintah kerjakan dengan apa yang kita teliti. Dan semua akan berjalan bersama melalui produk-produk yang dihasilkan maupun dari penelitian yang dituangkan dalam bentuk makalah, prosiding maupun jurnal ilmiah,” kata Prof. Manlian.

Tidak hanya itu, kepada kurang lebih 300 peserta yang hadir, Prof. Manlian juga berharap bahwa SNSRT ini dapat mendorong para peneliti-peneliti baru dan menghasilkan profesional muda di bidang sains dan teknologi.    

Guna mendukung keberlangsungan acara ini, maka pada hari pertama dihadirkan tiga pembicara terpilih yang memaparkan beragam topik yang tetap berkiblat pada kata ’optimalisasi’. Pembicara tersebut antara lain Prof. Dr.-Ing. habil. Andreas Wibowo, RIHS – Badan Penelitan dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Eden Steven, Ph.D., -  Emmerich Education Center, Jakarta, dan ketiga Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P., Ketua Umum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). 

 

Usai seminar bersama tiga pembicara ini, acara dilanjutkan dengan Call for Paper dimana secara parallel para pemakalah dan peserta lainnya berkumpul diruangan tertentu sesuai dengan topik yang diminati masing-masing. (Tim/h)