Home Entertainment Sabet Mahkota Puteri Indonesia. Begini Profil Frederika Alexis Cull

Sabet Mahkota Puteri Indonesia. Begini Profil Frederika Alexis Cull

7 min read
0
0
54

JAKARTA – {Hidayahnews.com} – Sebagai perwakilan DKI Jakarta 1, Frederika Alexis Cull tak pernah menyangka kiprah perdananya di ajang kecantikan langsung membawanya menyandang predikat Puteri Indonesia 2019. Meski masih berusia 19 tahun, pesona wanita kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1999 itu berhasil mengalahkan 38 finalis Puteri Indonesia 2019 lain yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Keberhasilan Frederika dalam ajang Puteri Indonesia 2019 sendiri tak lepas dari kemampuannya dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Sepanjang babak final yang digelar semalam, ia mampu menjawab hampir semua pertanyaan dewan juri dengan menggunakan bahasa Inggris yang memang menonjol.

Seperti pertanyaan terakhir yang membawanya menyabet mahkota Puteri Indonesia 2019. Di situ, ia ditanya tentang bagaimana peran dirinya sebagai generasi milenial dalam menghadapi pemilu April mendatang. Gadis blasteran Indonesia-Belanda-Australia itu menjawabnya dengan lugas dan tegas dalam bahasa Inggris yang amat baik.

“Sebagai warga negara yang tahu akan hak-haknya, saya percaya kita diharuskan untuk memilih. Dan saya akan memilih presiden untuk negara kita. Sebagai milenial, kita harus memilih. Karena voting adalah kekuatan kita dan itulah yang perlu kita lakukan,” ujarnya saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Ketua Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kuswisnu Wardani dalam sesi 3 Besar. Inilah yang kemudian mengantarnya menjadi juara.

Frederika merupakan anak dari pasangan Simon Pearce dan Yulia Pearce yang memang sejak lama tinggal di Gold Coast, Queensland, Australia. Pendirikan dasar yang dijalaninya di SD British School membuat kemampuan berbahasa asing Erika (nama panggilannya) terasah sejak kecil. Meski orangtuanya berasal dari golongan ekonomi mapan, namun Frederika terkenal sebagai pribadi yang mandiri dan berjiwa sosial tinggi sejak kecil. Hal itu diungkapkan Ibunda Frederika, Yulia Pearce saat ditemui tim Beritasatu.com usai kemenangan sang putri sebagai Puteri Indonesia 2019.

“Erika memang sejak kecil mandiri dan selalu memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dia amat peduli dengan masyarakat yang berada di sekelilingnya. Bahkan sejak kecil dirinya dan beberapa rekannya sudah berusaha merintis sebuah aksi sosial bernama Sekolah Biasa yang diperuntukan bagi anak-anak yang berasal dari kalangan ekonomi lemah. Keikutsertaan Erika di ajang ini adalah kemauannya sendiri. Meski usianya masih sangat muda, tapi kami sebagai orangtuanya percaya ia mampu menjawab tantangan ini. Hasilnya kita sudah ketahui bersama sekarang. Yang pasti kami sebagai orangtuanya amat senang dan bangga dengan prestasi yang ditorehkannya,” ungkap Yulia.

Sebagai mahasiswi di Lancaster University Inggris jurusan International Bussines, Frederika juga dikenal sebagai penyayang dan pecinta hewan. Ia tak segan-segan bergabung dengan sebuah yayasan penyayang binatang dan bekerja sama dengan tempat penampungan hewan di Jakarta untuk menyelamatkan dan melindungi hewan peliharaan yang ditelantarkan.

Tak berhenti disitu, wanita bertinggi 172 cm itu juga selama tiga tahun belakangan aktif menjalankan Sekolah Bisa yang menyediakan pendidikan dari berbagai jenis mata pelajaran untuk anak-anak kurang mampu. Tujuannya, agar anak-anak tersebut siap saat memasuki sekolah umum. Untuk penyelenggaraannya, Sekolah Bisa bekerja sama dengan sebuah yayasan pendidikan non pemerintah.

Kemudian, Frederika juga aktif di organisasi Cyber Shanty, yaitu organisasi yang bertujuan mengajarkan para siswa tentang penggunaan teknologi. Para siswa dari organisasi ini juga tidak memiliki akta kelahiran sehingga membuat mereka tidak memiliki identitas resmi.

Sudah Diprediksi
Seakan memprediksi sejak awal, Darius Sinatrya yang merupakan pembawa acara di malam pemilihan Puteri Indonesia 2019 memang sudah melihat bakat Frederika di ajang pemilihan kecantikan ini. Darius sendiri mengaku bahwa Frederika memang layak dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2019.

“Saya memang melihat potensi Frederika sejak awal dia terpilih di babak 11 besar. Kemampuannya mengajukan gagasan dalam bahasa Inggris dengan amat fasih dan lancar membuat saya yakin dia bisa merebut mahkota Puteri Indonesia 2019. Meski awalnya saya tidak pernah tahu bahwa penggunaan bahasa Inggris di ajang ini memiliki nilai lebih dibanding penilaian yang lain, api buat saya dia pantas untuk gelar ini. Sebab, dia tidak hanya mewakili wanita Indonesia yang ramah, tapi juga pintar dan punya jiwa sosial yang tinggi. Itu mencerminkan wanita Indonesia sejatinya. Selamat buat Frederika,” tutur Darius.

Setelah sukses menyabet mahkota Puteri Indonesia, Frederika kini punya tugas berat, yakni harus mampu menjalankan peran dan tugasnya sebagai duta Indonesia di kancah internasional seperti yang ia idam-idamkan sejak kecil. Meski berat, Frederika mengaku siap dan mampu menggantikan peran yang selama ini dijalani Sonia Fergina Citra, Puteri Indonesia 2018. Ia juga akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019 yang akan digelar di Seoul, Korea Selatan beberapa bulan lagi.

Load More Related Articles
Load More By mark Kin
Load More In Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Data C1, Dasar Prabowo Umumkan Kemenangan

JAKARTA – Berita7.com – Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sa…