17
Sun, Dec
0 New Articles

Menteri Rangkap Jabatan Sebagai Anggota DPR, Tanya Presiden

Politik
Typography

JAKARTA, BERITA7.com - Polemik tentang status pembantu Presiden atau Menteri yang rangkap jabatan sebagai anggota DPR RI.  Puan Maharani, Tjahjo Kumulo dan Pramono Anung diduga masih mendapatkan gaji sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pasca diangkat Presiden Joko Widodo menjadi menteri terus berpolemik.

Pengamat politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia Said Salahuddin mengatakan, untuk memastikan Puan, Tjahjo, dan Pram rangkap jabatan sebagai Menteri sekaligus Anggota DPR, caranya sangat mudah.

"Minta mereka tunjukkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang pemberhentian diri mereka sebagai anggota DPR. Kalau Kepres itu tidak ada, maka positif mereka rangkap jabatan," kata Said, Jumat (11/9/2015).

Dia menjelaskan, cara lainnya adalah menanyakan langsung kepada Presiden Jokowi, apakah dirinya pernah meneken Kepres tentang pemberhentian mereka.

"Atau bisa juga ditanyakan kepada Pimpinan DPR apakah mereka pernah menerima surat usulan pemberhentian ketiganya sebagai anggota DPR dari PDI-P. Kalau Pimpinan DPR bilang tidak pernah menerima surat itu, maka saya pastikan tidak ada Kepres pemberhentian ketiganya sebagai anggota DPR dari Presiden," katanya. (dsl/edr)