15
Fri, Dec
0 New Articles

Kejuaraan Basket SMAN 1 Jaring Potensi Pemain Usia Muda

Olahraga
Typography

Jakarta- Kejuaraan bola basket yang diinisiasi OSIS SMAN 1 Jakarta bekerja sama dengan Boedoet Basket Alumni, Dispora dan PP Perbasi antar siswa SMP/SMA se- Jabodetabek yang diberi nama SMAN 1 Basketball Invitation (Sansation), berhasil menjaring potensi-potensi pebasket usia muda. Diharapkan, ajang ini berlangsung secara kontinyu setiap tahun.

“Mereka ini adalah pemain masa depan. Ajang seperti ini memunculkan bibit-bibit unggul yang akan memajukan olah raga basket di Tanah Air. Semoga di antara mereka ada yang bisa menjadi pemain nasional,” kata Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih yang hadir saat menutup acara SMA 1 Basketball Invitation di Jakarta, Sabtu (8/4) malam. Hadir dalam kesempatan itu antara lain Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi DKI Jakarta Ratiyono, Ketua Alumni Basket SMA 1 Jakarta Erwin Lebe, dan Kepala SMA 1 Jakarta Mas Ayu Yuliana.

Menurut Danny, salah satu tujuan Perbasi sebagai induk organisasi bola basket Indonesia menjadikan bola basket sebagai alat pemacu generasi muda untuk berkompetisi secara sehat, dan tumbuh menjadi penerus bangsa yang berkualitas.

“Oleh karenanya saya sangat mendukung kegiatan Invitasi Bolabasket antar SMP/SMA se-Jabodetabek yang diadakan SMA 1 Budi Utomo ini. Besar harapan saya, dari sekian banyak peserta, nantinya bisa ada yang menjadi pemain Tim Nasional Bolabasket Indonesia kelak yang bisa mengharumkan nama bangsa di level internasional,” kata Danny.

Senada dengan Danny, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi DKI Jakarta Ratiyono juga mendukung kegiatan ini. Ratiyono juga mengapresiasi bahwa kegiatan ini mendapat banyak dukungan bukan hanya dari sekolah namun juga dari para alumni, dalam hal ini alumni SMA 1 Budi Utomo.

Dia berharap kegiatan serupa banyak dilakukan oleh sekolah lainnya. “Saya juga berharap dari pemain-pemain muda ini, nantinya ada yang bisa mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam event olahraga skala nasional,” katanya.

Sementara itu, Ketua Alumni Basket SMA 1 Jakarta Erwin Lebe mengatakan, kegiatan ini merupakan program peningkatan prestasi bagi siswa SMA 1 Jakarta , dimana pihaknya dapat memantau kiprah bola basket tidak hanya di SMA 1 Jakarta juga di Jabodetabek.

Kepala SMA 1 Jakarta Mas Ayu Yuliana mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan ini. Menurut dia, selain menarik acara ini juga berlangsung aman, tertib, dan sportif. "Saya perhatikan sportivitas sudah dikedepankan sejak awal sampai akhir.Mudah-mudahan pelaksanaan tahun depan bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Ketua Panitia Arvi Putra mengatakan, acara Sansation ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Acara berlangsung sejak 24 Maret- 2 April untuk tingkat SMP dan 3-8 April untuk tingkat SMA. Sebanyak 28 tim peserta dari tingkat SMP masing-masing 16 putra dan 12 putri serta 20 tim dari tingkat SMA masing-masing 12 tim putra dan 8 tim putri ikut memeriahkan acara ini.

SMAN 22 berhasil memboyong piala juara 1 baik untuk kelompok putra maupun putri. Sementara untuk tingkat SMP juara 1 diraih oleh SMPN 19 untuk kelompok putri, sementara untuk kelompok putra juara pertama diraih oleh SMPN 255.  Sementara SMAN 1 meraih Juara ke 3 untuk tingkat SMA kelompok Putri. Demikian dilaporkan Beritasatu. (Tim/h)