15
Fri, Dec
0 New Articles

Rossi Masih Beruntung Bisa Finis

Olahraga
Typography

Jerez - Grand Prix Spanyol hari Minggu (7/5) sama sekali tidak berjalan sesuai harapan Valentino Rossi yang finis di urutan ke-10, ini merupakan hasil terburuk di Sirkuit Jerez sejak kembali ke Yamaha 2013.

Sama halnya dengan tim Movistar Yamaha yang untuk pertama kali musim ini tidak menempatkan satu pun pembalapnya di atas podium, padahal kinerja motor M1 di Jerez biasanya sangat kompetitif.

Di balapan lain pada putaran-putaran terakhir Rossi normalnya makin melesat dan mengancam para lawannya, namun yang terjadi di Jerez sangat bertolak belakang: semakin mendekati finis semakin banyak pembalap satelit yang menyalipnya. Rossi masuk garis finis 38 detik setelah pemenang balapan Dani Pedrosa.

"Kami berharap bisa lebih tangguh dan lebih kompetitif, khususnya berkaca dari hasil beberapa tahun terakhir di sini di Jerez," kata Rossi.

Masalah utama adalan gejala spin atau selip setiap berakselerasi, dan setelah balapan barulah Rossi menyadari ban depan tipe hard sama sekali tidak cocok.

"Tipe hard tidak mungkin dipakai. Kami berusaha mengurangi gejala selip, dan akhirnya malah makin buruk. Saya kehilangan feeling ban depan. Pengereman juga sulit selama balapan," kata Rossi.

"Jujur saja saya tak bisa mengatakan kalau ada masalah ban aus, karena pada dasarnya saya memang tak pernah mendapat daya cengkeram. Saya tak pernah mendapatkan pengendalian yang bagus sepanjang akhir pekan ini."

“Kami mencoba beberapa hal namun selalu kesulitan. Kenapa? Saya tidak tahu. Sekarang kami akan mengecek datanya."

Ketika sesi warm-up menjelang balapan, Rossi hanya menempati urutan sembilan sehingga dia memutuskan untuk mengambil risiko melakukan sejumlah modifikasi terkait keseimbangan motor. Ternyata saat balapan masalah yang dia hadapi lebih parah.

"Kami tidak bisa menyelesaikan masalah selip ini dan mungkin malah membuatnya makin buruk. Pada enam atau tujuh putaran terakhir, khususnya saat menikung ke kiri, saya mulai merasakan getaran hebat dan makin lambat sekitar tiga detik per putaran," jelas Rossi.

"Akhirnya, saya beruntung bisa finis." (Tim/h)