21
Tue, Aug
29 New Articles

Meski Menang, Madrid Belum Aman

Olahraga
Typography

MUNICH - Real Madrid sukses memetik kemenangan 2-1 di kandang Bayern Muenchen pada semifinal pertama Liga Champions, Rabu (26/4) atau Kamis dini hari WIB. Marco Asensio yang baru dimasukkan pada babak kedua menjadi penentu kemenangan Real Madrid, setelah gol Muenchen yang dicetak Joshua Kimmich disamakan Marcelo.

Skor ini tentunya belum membuat Los Merengues benar-benar aman. Pasukan Jupp Heynckes masih sangat mungkin membalikkan posisi dalam laga di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (1/5) mendatang. Jika mampu menang dua gol tanpa balas, Thomas Mueller dan kawan-kawan bisa melaju ke partai pamungkas.

Namun Muenchen pastinya akan menjalani laga yang berat pekan mendatang. Apalagi mereka bakal tampil di depan pendukung Madrid.

Los Blancos tentunya memiliki peluang lebih besar untuk melaju ke final. Hasil imbang saja sudah cukup untuk membawa pasukan Zidane tampil untuk ketiga kalinya secara beruntun di final Liga Champions.

Muenchen harus kehilangan pemain sayap andalannya, Arjen Robben, saat pertandingan baru berjalan delapan menit akibat cedera. Pemain asal Belanda ini pun ditarik keluar dan digantikan Thiago Alcantara.

Tuan rumah sebenarnya unggul lebih dahulu melalui aksi Joshua Kimmich pada menit ke-28. Pemain Timnas Jerman ini berhasil menjebol gawang Keylor Navas memanfaatkan assist dari James Rodriguez.

Pada menit ke-34, Muenchen kembali harus kehilangan andalannya. Bek tengah Jerome Boateng juga harus diganti karena cedera. Heynckes pun memasukkan Nicklas Sule sebagai penggantinya.

Satu menit menjelang babak pertama usai, tim tamu mampu menyamakan skor. Umpan jarak jauh Dani Carvajal dari sisi kanan dimanfaatkan dengan maksimal oleh Marcelo. Pemain asal Brasil ini melancarkan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti dan melesak ke gawang.

Isco yang tak tampil maksimal pada babak pertama akhirnya digantikan seusai jeda. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memutuskan untuk menurunkan Marco Asensio sebagai pengganti.

Keputusan ini ternyata benar-benar jitu. Asensio menjadi penentu kemenangan tim tamu dalam pertandingan di Allianz Arena ini.

Setelah mendapatkan sodoran dari Lucas Vazquez, Asensio berhadapan satu lawan satu dengan kiper Muenchen, Sven Ulreich. Pemain yang pernah dipinjamkan ke Mallorca dan Espanyol ini dengan cerdik berhasil memperdaya penjaga gawang lawan.

Â

Fakta Menarik

- Ini merupakan kemenangan Real Madrid keenam kalinya secara beruntun atas Bayern Muenchen di Liga Champions. Ini sekaligus rekor kemenangan terpanjang yang dicetak Madrid atas lawannya di Liga Champions. Tim raksasa Spanyol ini juga pernah menang enam kali beruntun atas Ajax Amsterdam antara 2010-2012.

- Dalam tiga pertandingan terakhir melawan Real Madrid, Bayern selalu berhasil memimpin lebih dulu dalam partai Liga Champions namun kemudian kalah. Dua laga sebelumnya terjadi pada perempat final Liga Champions musim lalu.

- Ini merupakan kemenangan ke-150 yang dipetik Real Madrid di ajang Liga Champions. Baru mereka yang berhasil menorehkan prestasi ini.Â

- Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya gagal mencetak gol dalam partai Liga Champions sejak Mei 2017. Sebelumnya dia selalu sukses menjebol gawang lawan dalam 11 pertandingan beruntun di ajang ini.

- Tiga gol terakhir di Champions League dicetak Marco Asensio setelah masuk sebagai pemain pengganti. Semua dicetaknya di babak knock-out – dua melawan Bayern (perempat final musim lalu dan laga ini) dan satu lainnya ketika melawan Juventus pada final musim lalu.

- Joshua Kimmich selalu terlibat dalam sembilan gol yang dicetak Bayern di Liga Champions musim ini (6 gol dan tiga assists). Tak ada pemain Muenchen lain yang memiliki keterlibatan sebanyak dirinya. (Agus)