17
Tue, Jul
0 New Articles

Tak Puas Keputusan Wasit, Aremania Luapkan Kekecewaan

Olahraga
Typography

MALANG - Kerusuhan terjadi pada laga lanjutan Liga 1 antara tuan rumah Arema FC melawan Persib di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4) malam. Penonton memasuki lapangan di masa injury time. Melihat kondisi tersebut, wasit Handri Kristanto menghentikan pertandingan saat skor imbang 2-2.

Pemain dan ofisial yang awalnya masih berada di lapangan kemudian terpaksa masuk ke kamar ganti setelah keadaan tidak terkendali. Penonton semakin banyak masuk lapangan. Bahkan pelatih Persib, Mario Gomez terkena lemparan benda yang membuat kening bagian kananya memar.

Adapun kerusuhan terjadi lantaran penonton tak puas dengan kinerja wasit. Sepanjang pertandingan wasit dinilai lebih banyak menguntungkan tim tamu. Situasi mulai panas saat Persib Bandung mencetak gol kedua melalui Ezechiel N'Douassel menit 77'.

Saat itu wasit Handri Kristanto mengesahkan gol tersebut meskipun sebelumnya Ahmet Atayew terlihat dilanggar oleh sang striker. Keputusan tersebut memicu reaksi dari Aremania. Benerapa kali ucapan bernada cemoohan terhadap wasit terus dilakukan.

Namun kondisi masih tetap kondusif dan pertandingan kembali berjalan normal. Hingga akhirnya Arema FC mampu menyamakan kedudukan melalui Balsa Bozovic menit 87' dan menjadikan skor imbang 2-2.

Setelah itu, sebuah keputusan kontroversial dikeluarkan oleh wasit dengan memberikan Dedik Setiawan kartu merah langsung menit 88'. Dedik dinilai melakukan pelanggaran keras terhadap Ardi Idrus.

Sontak keputusan tersebut membuat Aremania mulai tak kondusif. Hingga akhirnya pada menit 90+2 penonton yang mayoritas Aremania mencoba merangsek ke dalam lapangan untuk meluapkan kekecewaan.

Akibat insiden tersebut, puluhan penonton yang mayoritas perempuan harus mendapatkan perawatan.

Sebelumnya Arema unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak Thiago Furtuosso menit ke-18. Sementara gol balasan Persib disumbangkan Ezechiel N'douassel menit ke-19. Menit 78, Persib berbalik unggul lewat gol kedua N'douassel setelah menerima umpan matang dari Jonatan Bauman.

Sayang keunggulan itu tidak bertahan lama setelah bek Malisic yang mencoba memblok bola tendangan Balsa Bozovic malah bersarang ke gawang sendiri di menit 87. Skor 2-2. Sampai saat ini belum diketahui apakah 2-2 menjadi skor akhir atau tidak, mengingat pertandingan dihentikan oleh wasit. (Agus)