25
Wed, Apr
36 New Articles

Agregat 5-1, Liverpool ke Semifinal Liga Champions

Olahraga
Typography

MANCHESTER - Tiket ke semifinal Liga Champions berhasil diraih Liverpool setelah mengemas kemenangan 2-1 atas Manchester City di leg kedua perempat final yang digelar di Etihad Stadium, Rabu (11/4) dini hari WIB. Hasil itu menguatkan kemenangan agregat Liverpool menjadi  5-1 atas City.

Liverpool yang mengantongi bekal kemenangan 3-0 di leg pertama menurunkan tim terbaiknya di laga ini, termasuk Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Begitu juga dengan City, meski tanpa Sergio Aguero mereka mengandalkan Gabriel Jesus dan Leroy Sane. 

City yang ingin meraih keajaiban, langsung tancap gas dan berhaisl unggul cepat lewat gol Jesus ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Kelengan bek Liverpool Vigil van Dijk dimanfaatkan Raheem Sterling untuk meneruskan bola pada Jesus. Dengan mudah, striker Brasil itu menaklukkan Loris Karius dari jarak dekat.

Gol tersebut melecut semangat pasukan Pep Guardiola. Gawang Liverpool terus mendapat ancaman lewat serangan-serangan yang dilancarkan Sane, Sterling, dan Jesus. Liverpool yang tertekan sulit mengembangkan permainan.

Bernardo Silva nyaris menggandakan keunggulan City di pertengahan babak. Melakukan aksi individu, gelandang Portugal itu menutup aksinya dengan tembakan lengkung. Bola sudah melewati Karius, namun cuma mampu menyentuh mistar.

Ketegangan meningkat jelang babak ertama berakhir. Para pemain City memprotes keputusan wasit yang mengangkat bendera offside ketika Sane menerima umpan dari belakang. Tayangan ulang menunjukkan Sane memang berada dalam posisi offside.

Jalannya pertandingan tidak berubah di awal babak kedua. Tekanan masih terus digencarkan City. Namun, Liverpool berhasil membuat kejutan di menit 26 saat Salah menyambut bola muntah Ederson lalu mencungkil masuk ke dalam gawang City. Skor menjadi imbang 1-1. 

Gol tersebut mengubah pertandingan. Peluang yang sebelumnya tertekan berhasil keluar dan mampu mengembangkan permainan. Mereka kii bisa membalas tekanan. Alhasil 13 menit jelang bubaran, Liverpool sukses membalikkan keadaan lewat gol Firmino. Pemain asal Brasil ini menggiring bola sendirian, lalu mengirimnya ke sudut gawang Ederson.

Keunggulan 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Liverpool memastikan tiket ke semi-final dengan agregat 5-1.