21
Tue, Aug
29 New Articles

Perguruan Tinggi Kunci Pembangunan Manusia

Nasional
Typography

BANDUNG - Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Perguruan tinggi menjadi kunci utama bagi proses pembangunan manusia.

Hal itu dikatakan anggota Dewan Pangaping Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan Tubagus Hasanuddin saat memberikan sambutan pada acara wisuda Universitas Pasundan (Unpas), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/3). Dikatakan, sebagai penambah ilmu dan pengetahuan, pendidikan di pengguruan tinggi harus ditanamkam terhadap generasi bangsa.

"Peran perguruan tinggi penting dalam membangun SDM yang berkualitas dan bisa membantu pembangunan bangsa dan negara," ujar pria yang akrab disapa Kang Hasan itu. Ketua Perhimpunan Alumni Paguyuban Pasudan Indonesia (PAPPI) itu juga memberikan apresiasi kepada para wisudawan yang mendapat gelar magister dan doktor.

Kang Hasan menegaskan, dirinya memahami betul bahwa tidak mudah menjadi mahasiswa di Unpas. "Menjadi mahasiswa, khususnya di Unpas ini, bukan pekerjaan mudah dan perlu perjuangan. Kita dituntut untuk menjadi manusia yang berkualitas dalam proses pembangunan nantinya,” kata dia.

Kang Hasan menambahkan, sebagai lembaga pendidikan, Unpas telah melahirkan banyak alumni yang berkiprah di tengah masyarakat, baik di Jawa Barat maupun di daerah lain. "Kunci kemajuan sebuah daerah, salah satunya, adalah meletakkan pendidikan untuk menciptakan SDM yang unggul," katanya.

Rektor Unpas, Edi Yusuf mengapresiasi kedatangan Kang Hasan. Dia juga mengaku bangga ada alumni Unpas yang berkiprah di panggung politik, seperti Kang Hasan. Bahkan, di tengah kesibukan sebagai calon gubernur Jawa Barat, Kang Hasan masih menyempatkan diri menghadiri acara wisudawan.

"Meski sibuk mempersiapkan diri sebagai calon gubernur, beliau masih sempat datang ke kampus dan memberikan motivasi kepada para wisudawan serta wisudawati," ujarnya.

Sebanyal 1.200 mahasiswa yang telah menamatkan pendidikannya mengikuti proses wisuda. Merek terdiri atas 600 sarjana S1, 400 sarjana S2, dan 200 doktor. Prosesi wisuda itu juga diikuti oleh civitas akademik Unpas, jajaran pengurus senat, dan Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi.

Â

Sumber: BeritaSatu