19
Thu, Jul
0 New Articles

Strategi Branding Meikarta Dari Dalam Sampai Luar Negeri

Nasional
Typography

CIKARANG – Setelah diluncurkan pada 13 Mei 2017, Meikarta telah menampilkan iklannya melalui semua channel media, below the line dan above the line. Strategi itu dinilai semua kalangan sangat jitu karena mampu menghasilkan penjualan yang signifikan.

Nielsen Indonesia yang telah mengumumkan hasil survei belanja iklan tahun 2017 mencapai Rp 145 triliun. Dalam hasil temuan Nielsen Ad Intel, Meikarta menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi sepanjang 2017, dengan total belanja iklan lebih dari Rp 1,5 triliun.

Survei Nielsen tersebut melibatkan 15 channel televisi nasional, 99 koran, 120 majalah dan tabloid, 204 radio. Survei belanja iklan tersebut merupakan angka kotor yang tidak memperhitungkan promo, bonus dan lain sebagainya.

Penguatan merek atau branding mengambil peran penting dalam proses diterimanya sebuah produk oleh masyarakat luas. Meikarta mengggunakan strategi ini untuk mengenalkan merek besarnya ke konsumen dalam negeri, bahkan dunia.

Salah satunya dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) yang mengumumkan rekor luar biasa yang diraih dari penjualan unit apartemen Meikarta pada hari pertama telah mencapai 16.800 unit. Momen itu diraih tepat saat Grand Launcing Meikarta, di Maxx Box, Orange County, Cikarang, Sabtu (13/5).

Seperti dilansir dari BeritaSatu.com, Rekor Muri tersebut diberikan Senior Manager Muri Yusuf Ngadri ke Presiden Meikarta Ketut Budi Widjaja. Menurut Yusuf pemberian rekor penghargaan MURI kepada Meikarta ini, karena hasil pantauan penjualan untuk unit apartemen Meikarta ini begitu besar dan prestasi ini baru pertama kali penjualan apartemen terbanyak yang mendapatkan rekor MURI.

Sementara Presiden Meikarta Ketut Budi Widjaja mengaku merasa senang dan gembira. “Menjadi sesuatu yang luar biasa dan surprise buat kami dan juga kerja keras Lippo Group,” kata Ketut Budi Widjaja.

Untuk menguatkan brand Meikarta sebagai kota modern berskala internasional, Lippo Group selaku pengembang Meikarta juga melakukan kampanye branding di luar negeri, seperti di kawasan Shibuya Tokyo, Times Square New York, hingga Menara Eiffel Paris.

Tidak hanya itu, Meikarta juga mempromosikan di jaringan televisi internasional seperti CNN, CNBC, NHK hingga FOX. Dengan fasilitas yang dimiliki properti ini, maka media internasional menyebut Meikarta sebagai ‘The Next Tokyo, New York and Paris in Southeast Asia’.

Pengajar dan pakar bidang Bio Marketing dan Futures Research dari DCU Business School, Irlandia, Luiz Moutinho, seperti dilansir dari BeritaSatu.com, mengatakan, branding merupakan perluasan dari peran marketing di sebuah perusahaan dan tidak boleh dianggap remeh. Tanpa branding, produk tidak bisa bertahan lama, dan bahkan bisa ditolak konsumen.

Dengan strategi branding yang tepat dan terarah, brand Meikarta diterima di masyarakat luas. Apartemen di Meikarta telah menjadi pilihan utama produk untuk hunian dan investasi. Selain itu, public juga sangat ingat dengan slogan “Aku ingin pindah ke Meikarta” yang tidak bisa dilupakan di benak masyarakat luas. Kini, setiap orang ingin memiliki hunian dan investasi di Meikarta. Publik menetapkan Meikarta sebagai pilihan utama sebagai produk properti terpercaya dan prestasi ini menjadikan Meikarta memimpin dalam industri properti di Indonesia.

Â