18
Sun, Feb
0 New Articles

Pusat Pendidikan, Hunian dan Pekerjaan Yang Lebih Baik

Nasional
Typography

CIKARANG – Perusahaan digital atau yang dikenal dengan start up kini kian marak bermunculan di Indonesia. Perubahan gaya hidup masyarakat yang ingin serba mudah dan cepat, memunculkan ide setiap perusahaan bergerak untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan masyarakat. Potensi bisnis digital yang kini banyak digeluti antara lain e-commerce, transportasi online, hingga pemesanan makanan menggunakan aplikasi.

Tahun lalu perusahaan start up diperkirakan telah mencapai 2.000 perusahaan. Tahun 2018 ini diprediksi kian bertambah, bahkan menurut Center for Human Genetic Research, seperti yang dilansir Pikiran-Rakyat.com, Indonesia pada 2020 diproyeksikan jumlah perusahaan start upsemakin bertambah

mencapai 13.000 perusahaan.

Sejalan dengan semakin majunya perkembangan teknologi digital di dunia, Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) seperti dilansir dari Detik.com, menyatakan investasi di sektor e-Commerce akan menjadi primadona pada tahun 2018. BPKM memproyeksi, e-commerceitu diyakini akan tumbuh lebih tinggi tahun ini menyusul tren positif yang telah ditorehkan pada tahun sebelumnya.

Saat ini perusahaan-perusahaan yang fokus di bisnis start up memiliki kantor yang terpisah di wilayah Indonesia. Hingga kini belum ada satu kawasan yang menjadi pusat perusahaan digital, layaknya Silivon Valley yang berada di California, Amerika Serikat.

Pada kawasan tersebut, perusahaan-perusahaan seperti Adobe System, Apple Computer, Cisco System, Google, Hewlett Packard, Intel dan Yahoo, berada pada satu kawasan, sehingga memudahkan untuk melakukan riset dan perkembangan teknologi.

Di Indonesia, kota berskala internasional Meikarta menjawab kebutuhan tersebut dengan tengah menyiapkan kawasan khusus untuk perusahaan start up mengembangkan bisnisnya, bernama Sillicon Valley. Tidak hanya menyiapkan sarana perkantoran, Sillicon Valley di Meikarta juga akan terdapat infrastruktur dan pusat riset guna mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia.

Kegiatan riset ini di kawasan Sillicon Valley Meikarta juga bisa ditunjang dengan keberadaan kampus di seki-tarnya, sehingga memberikan atmosfer tersendiri guna perkembangan dunia digital di Indonesia. Hadirnya Meikarta memang menjadi pusat bagi setiap orang yang mendambakan pendidikan, hunian dan pekerjaan yang lebih baik.

 

 

Sumber: Investor Daily