19
Fri, Jan
8 New Articles

Pencabutan Larangan Motor di Thamrin, Polisi Koordinasi dengan Dishub DKI

Nasional
Typography

Jakarta- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta terkait pencabutan aturan larangan sepeda motor di kawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, oleh Mahkamah Agung (MA). Pemerintah Provinsi DKI berencana menggelar rapat membahas permasalahan itu, Rabu (10/1) besok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Halim Paggara mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Pemprov DKI terkait terbitnya putusan MA nomor 57 P/HUM/2017 pada 21 November 2017, yang berisi Pemprov DKI harus membolehkan kembali sepeda motor melintasi Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat. "Pelarangan motor ada di wilayah kerja gubernur dan dinas (Dishub). Jadi harus didiskusikan kembali," ujar Halim, Selasa (9/1).

Dikatakan, polisi menunggu hasil rapat dengan Pemprov DKI kapan pencabutan larangan itu diberlakukan. "Larangan bermotor masih berlaku sampai ada hasil diskusi kami," ungkapnya.

Sementara Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, dengan keluarnya putusan MA nomor 57 P/HUM/2017, Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor tidak mengikat lagi.

"Prinsip kalau saya lihat dari putusan tersebut pertama ada pemohon dan termohon. Pemohon dari masyarakat, termohon gubernur. Masing-masing pemohon dan termohon sudah memberikan argumentasi. Kemudian sudah diputuskan oleh MA dengan nomor 57 P/HUM/2017. Artinya, putusan Pergub tidak mengikat lagi," katanya.

Menurutnya, merespon putusan itu Pemprov DKI akan menggelar rapat terkait pencabutan peraturan itu, Rabu (9/1) besok. "Nanti akan kami koordinasikan kira-kira langkah ke depan itu apa. Memang dalam putusannya belum ada kapan diberlakukannya. Namun, yang jelas itu masih akan dibahas. Leading sector-nya pemprov, kalau polisi dari aspek penegakkan hukumnya," kata dia.

 

 

Sumber: BeritaSatu.com