17
Tue, Jul
0 New Articles

Menko Polhukam: Modernisasi Alutsista Terus Dilakukan

Nasional
Typography

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, mengemukkan, pemerintah terus berupaya melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi TNI. Namun, upaya peningkatan alutsista disesuaikan dengan ketersedian anggaran.

"Dipertimbangkan dengan kepentingan-kepentingan lain di negeri ini, karena APBN kita terbatas," kata Wiranto di Jakarta, Selasa (13/3).

Wiranto menanggapi adanya insiden kecelakaan alutsista beberapa minggu terakhir. Kejadian pertama, tenggelamnya satu unit tank M113A1 milik batalion Yonif 412/BES di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3). Dua orang meninggal atas kejadian itu. Kemudian, tenggelamnya Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05 milik Kodam Jaya di perairan Kepulauan Seribu, Senin (12/3) pagi.

Wiranto juga meminta agar kejadian-kejadian tersebut tidak perlu diributkan. Apa yang terjadi, menjadi musibah dan diharapkan kedepan tidak terulang kembali. "Enggak usah diributkan, enggak usah dipermasalahkan. Arah modernisasi alutsista itu ada," tambah mantan Panglima TNI ini.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan berbagai langkah untuk melakukan memodernisasi alutsista. Berbagai alat perang versi terbaru, kata Wiranto, sudah didatangkan seperti tank, pesawat tempur, kapal perang dan sebagainya. Namun, pemerintah juga sedang serius dalam membangun berbagai infrastruktur di Tanah Air. Kebutuhan terhadap pembangunan infrastruktur, dinilai tidak kalah penting dengan alutsista.

"Pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi nasional, pembangunan kelayakan tersedianya tenaga listrik yang memadai, itu semua kan butuh satu kebijakan-kebijakan. Tapi untuk modernisasi alutsista tetap menjadi bagian tujuan negara untuk dilakukan," tambahnya.

Â

Sumber: Suara Pemabruan