17
Sun, Dec
0 New Articles

Top Stories

Grid List

Jakarta - CEO Lippo Group, James Riady, mengatakan, proyek Meikarta merupakan suatu terobosan untuk menyuplai kebutuhan hunian dengan harga terjangkau di Indonesia. Lippo Group, meluncurkan Meikarta dengan jumlah unit yang sangat besar untuk mengakomodasi permintaan (demand) di pasar.

“Seperti diketahui, saat ini demand terbesar datang dari segmen masyarakat menengah ke bawah. Kita mau menyediakan hunian dalam volume yang besar," kata James Riady, dalam acara Property Leaders Dialogue di Jakarta, Rabu (1/11). .

James mengatakan, harga jual Meikarta sebesar Rp 7 juta per meter persegi (m2) sangat terjangkau untuk sebuah hunian di kawasan emas seperti Cikarang. Apalagi, Lippo menggandeng pengembang asal Jepang, Mitsubishi untuk mengembangkan central business district (CBD) Meikarta.

"Hunian semacam Meikarta dengan fasilitas yang mewah selayaknya dijual dengan harga sekitar Rp 16 juta sampai Rp18 juta per meter persegi (m2). Namun, jika tetap memakai skema seperti itu, Lippo hanya bisa menjual 200 unit per tahun,”jelasnya.

Untuk itu, kata James Riady, Lippo melakukan terobosan dengan menggandeng 30 kontraktor lokal dan asing kelas medium. Hasilnya, biaya produksi bisa ditekan sehingga harga jual unit lebih murah. "Dengan inovasi itu kita bisa jual harga rata-rata Rp 6,7 juta per m2 dan dengan cost of production di bawah itu. Kita ingin volume yang besar," paparnya.

Pada tahap awal peluncuran, Lippo melakukan test pasar terhadap karyawan internal. Dengan menjual hunian seharga Rp 7 juta per m2, penjualan mencapai 16.000 unit hanya dalam jangka waktu singkat. James menyebutkan, langkah ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik. "Meikarta bukan hanya dikenal di Indonesia, namun juga sampai luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut, James Riady mengatakan, harga properti di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan negara lain seperti Singapura. Pasokan hunian di Indonesia juga lebih besar dibandingkan negara lain. "Itulah kenapa pasar di Indonesia tetap menjadi yang terbaik," ujarnya.

Senior Technical Advisor Savills, Lucy Rumantir, mengatakan, tahun 2018 sampai 2019 pasar properti diperkirakan masih lesu karena tahun politik. Namun demikian, lanjut dia, permintaan untuk kelas menengah ke bawah sangat besar.

"Meikarta itu bagus karena menggarap pasar yang sedang besar. Mestinya dalam dua tahun ke depan ini sukses penjualannya," katanya.

 

 

Sumber: Berita Satu

Jakarta - Di tengah-tengah sentimen pasar properti Indonesia yang netral, investor justru tertarik dengan prospek megaproyek Meikarta yang tengah digarap Lippo Karawaci (LPKR). Mirae Asset Sekuritas Indonesia meningkatkan rekomendasinya terhadap LPKR dari trading buy menjadi buy.

Mirae Asset melakukan roadshow dengan LPKR pada 23 dan 25 Oktober lalu di Singapura dan Korea Selatan. "Secara keseluruhan, sentimen terhadap pasar properti Indonesia tampak netral. Namun, investor tertarik dengan proyek unggulan LPKR yaitu Meikarta, dan perkembangannya yang akan datang," kata Franky Rivan, analis Mirae Asset, dalam risetnya hari ini.

Mirae menaikkan rekomendasi LPKR menjadi buy sementara mempertahankan target price Rp 865, karena penurunan harga saham baru-baru ini telah memperbesar potensi upside. Saham LPKR hari ini diperdagangkan di Rp 645.

"Kami yakin saham LPKR telah oversold, memperlebar margin of safety karena valuasinya yang menjadi lebih murah," tulis Franky.

Menurut Mirae Asset, LPKR saat ini diperdagangkan di 2018F P/E di 9x, di bawah -1 SD (11,5x) dari rata-rata lima tahun dan diskon yang lebar dibandingkan 2018F P/E indeks properti di 12,4x. Dari perspektif P/B, LPKR saat ini diperdagangkan di bawah nilai bukunya, pada 2018F P/B yang hanya 0,44x, dekat -2 SD nya (0,41x) dan juga diskon yang cukup besar dibandingkan indeks properti yang diperdagangkan di 2018F P/B di 1,27x.

"Ke depan, perusahaan mengekspektasi marketing sales lebih lambat dari Meikarta, karena momentum dari launching dan upaya pemasaran besar-besaran selama 2Q-3Q akan perlahan-lahan memudar. Serah-terima pertama diperkirakan akan dilakukan pada bulan Desember 2018, ditambah grace period enam bulan," tulis Franky.

Selain itu, LPKR menyatakan bahwa proyek Meikarta akan dibangun di atas tanah dormant yang telah diakuisisi sejak lama oleh perusahaan. Dengan demikian, daripada terbengkalai, akan digunakan untuk pengembangan properti menengah-ke bawah. LPKR kemudian akan mengembangkan proyek dengan margin lebih tinggi di sekitar tanah tersebut setelah proyek Meikarta, namun hanya jika terlihat adanya pemulihan di pasar properti.

"Kami memandang ini sebagai strategi yang prudent dan tepat untuk mengatasi kondisi pasar properti saat ini," kata Franky.

 

 

Sumber: BeritaSatu.com

Jakarta - Lippo Group sebagai pengembang proyek kota baru Meikarta akan melaksanakan prosesi mengumumkan penutupan atap (topping off) dua tower pertama Meikarta yang akan dilakukan Minggu, 29 Oktober 2017.

Presiden Direktur PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), Ketut Budi Wijaya mengatakan kedua tower tersebut merupakan bangunan tertinggi di koridor Bekasi-Cikampek, dan merupakan dua menara pertama dari lebih dari dua ratus tower di Meikarta yang sedang dan akan dibangun dalam beberapa tahun ke depan.

"Kegiatan topping off ini merupakan bentuk nyata dimulainya pembangunan kota baru Meikarta. Kedua tower senilai Rp 1 triliun ini terletak di Meikarta CBD," kata Ketut di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Kamis (26/10).

Ketut mengatakan rencana pelaksanaan topping off merupakan bentuk komitmen Lippo Group kepada para pembeli, yakni pembangunan Meikarta dilakukan dengan kecepatan tinggi.

"Setelah topping off dua tower ini, kami akan melanjutkan dengan pembangunan tower-tower berikutnya, sesuai dengan master plan yang ada. Ke depan, lima puluh gedung sudah akan mulai siap dihuni pada Desember 2018," tambahnya

Lebih lanjut, Ketut mengatakan Meikarta merupakan proyek dengan total nilai melebihi Rp 278 trilliun. Proyek yang merupakan investasi Lippo terbesar ini, lanjutnya, diyakini akan menjadi kawasan segitiga emas baru di koridor timur Jakarta serta memiliki akses gerbang tol tersendiri, yakni exit tol Cibatu.

"Kedua tower apartemen tersebut, berlokasi di central business district (CBD) Meikarta. Dua tower ini akan merangkum 900 unit apartemen," ujar Ketut.

Chief Marketing Officer Lippo Homes, Jopy Rusli menambahkan, kawasan Meikarta dikembangkan Lippo dengan konsep elevated road yang menghubungkan Meikarta dengan sarana transportasi seperti monorail dan kereta cepat.

"Tentunya setelah kita lihat perkembangan infrastruktur ke arah sana. Nanti Meikarta akan menjadi kota pertama yang menerapkan konsep tersebut," tambah Jopy.

 

(Sumber: Berita Satu)

Jakarta - UPH College mengadakan kegiatan sosial dengan melakukan kunjungan ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 2 yang berlokasi di Cengakareng, Jakarta Barat, (26/10/2017).

Dalam kegiatan tersebut, para siswa didampingi oleh Satpel Pelayanan Sosial dan para Staf.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa nonton bareng bersama bertujuan untuk menghibur para penghuni panti agar dapat melalui masa tua dengan penuh kebahagiaan dan sukacita.

Kegiatan yang berlangsung hanya satu hari sangat berarti bagi para manula agar mereka tetap bergairah dalam menjalani hari tua ereka di panti yang telah disediakan oleh pemprov DKI. (Tim/h)

[JAKARTA] PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), pengembang kota baru Meikarta, menyatakan, sejak diluncurkan Mei lalu atau hanya dalam waktu empat bulan, Meikarta telah membukukan prapenjualan senilai Rp 4,9 triliun.

Dengan demikian, total prapenjualan perseroan hingga akhir kuartal III tahun ini atau selama Januari-September 2017 mencapai Rp 5,4 triliun. “Itu merupakan angka prapenjualan tertinggi sepanjang sejarah Lippo Karawaci,” ujar Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (23/10).

Menurut dia, di tengah pelemahan pasar properti, Lippo Karawaci memutarbalikkan tren dengan meluncurkan Meikarta, kota modern baru yang berkualitas namun tetap terjangkau di jantung pusat industri Indonesia. “Kami percaya pasar properti Indonesia akan mulai pulih pada akhir 2017,” tutur dia.

Hunian vertikal Meikarta yang ditawarkan Lippo Group dengan harga mulai kisaran Rp 6,7 juta per m2 atau sekitar Rp 127 juta per unit diharapkan mampu mengatasi defisit (backlog) rumah yang saat ini mencapai 11,38 juta unit. Selain itu, proyek Meikarta digadang-gadang mendatangkan efek pengganda (multiplier effect) dan dampak menetes ke bawah (trickle-down effect) yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi.

Proyek kota baru Meikarta bakal dibangun di atas lahan 500 ha dengan investasi Rp 278 tiliun. Lokasi kota baru ini berada di jantung ekonomi Indonesia, yakni koridor Jakarta-Bandung, persisnya di kawasan Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Visi Meikarta adalah menjadi kota paling besar dan paling indah di Indonesia untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik, bahkan lebih baik dari Jakarta.

Pada tahap pertama, di Meikarta akan dibangun 250 ribu unit apartemen dengan total luas bangunan 22 juta m2 yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan.

Kelak, di area Meikarta ada Central Business District (CBD) Orange County. Lalu, ada mal terbesar seluas 300 ribu m2, ada 10 hotel bintang lima, dan ruang publik.

Selain itu bakal dibangun central park di atas lahan seluas 100 ha yang di dalamnya ada danau buatan seluas 25 ha. Proyek ini juga dilengkapi transportasi yang terintegrasi dan convention center. Meikarta akan menjadi kota baru yang sangat strategis karena bakal dilewati antara lain kereta cepat Jakarta-Bandung dan dekat dengan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

 

Akuisisi Bersama

 

Ketut Budi Wijaya juga mengungkapkan, rencana akuisisi bersama terhadap Lippo Plaza Jogya dan Siloam Hospitals Yogyakarta oleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) dan First Real Estate Investment Trust (First REIT) dengan total nilai estimasi Rp 834,6 miliar bakal kembali dilaksanakan.

“Kami senang model bisnis recycling capital kami telah berjalan dengan baik. Akuisisi Siloam Hospitals Buton oleh First REIT telah tuntas dan penjualan properti di Yogyakarta akan kembali dilaksanakan. Kami akan bekerja keras dan senantiasa melaksanakan strategi asset light kami secara konsisten untuk mengembangkan bisnis kami,” tegas dia.

Dia menjelaskan, LMIRT dan First REIT telah menandatangani akta usaha bersama (joint venture) atas rencana akuisisi bersama untuk bangunan terintegrasi (properti) di Yogyakarta dari Lippo Karawaci. Properti ini terdiri atas komponen mal ritel yang dikenal sebagai Lippo Plaza Jogya (LPJ) dan komponen rumah sakit yang dikenal sebagai Siloam Hospitals Yogyakarta (SHYG).

LPJ, kata Ketut Budi Wijaya, akan diakuisisi senilai SGD 61,1 juta dan SHYG senilai SGD 27,28 juta. Transaksi akuisisi properti-properti tersebut tergantung persetujuan para pemegang unit penyertaan real estate investment trusts (REITs) serta persetujuan Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Singapore Exchange Securities Trading Limited.

Dia mengemukakan, struktur akuisisi bersama ini dilakukan karena tidak adanya peraturan daerah di Yogyakarta untuk menerbitkan akta sertifikat strata secara terpisah untuk LPJ dan SHYG. “JV Yogyakarta Indoco pada 13 Oktober 2017 telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat (conditional sale and purchase agreement/CSPA) untuk rencana akuisisi properti tersebut dan akan memegangnya dalam satu akta sertifikat hak guna bangunan (HGB),” papar Ketut Budi Wijaya.

Dia menambahkan, SHYG memiliki luas kotor bangunan (gross floor area/GFA) 12.474 m2 dengan kapasitas maksimum 220 tempat tidur. “SHYG beroperasi sejak Juli 2017 dengan center of excellence untuk neuroscience dan kardiologi,” ujar dia.

Adapun LPJ memiliki GFA seluas 66.098 m2, terdiri atas 35.965 m2 untuk mal dan 30.133 m2 untuk wilayah parkir yang telah diisi beragam penyewa, termasuk bioskop, para penjual makanan, dan hypermarket. “Mal ini telah menjadi salah satu pusat gaya hidup terbaru di Yogyakarta dan telah beroperasi sejak Juni 2015,” tutur Ketut Budi Wijaya.

 

(Sumber: Suara Pembaruan)

Jakarta - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, James Riady memberikan sejumlah masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) seputar masalah tenaga kerja dan penyediaan lapangan kerja dalam pertemuan di Jakarta, Selasa (3/10) sore.

James, yang membidangi masalah tenaga kerja, kesehatan, dan pendidikan di Kadin, menyampaikan bahwa terjadinya revolusi digital telah membuat konsep lama tentang pekerjaan telah berubah.

"Untuk bidang tenaga kerja, dengan revolusi digital, maka istilah pekerjaan itu berubah dari yang selama ini kita kenal secara tradisional, tidak lagi menjadi medium distribusi kekayaan dan pendapatan seseorang," kata James dalam penutupan rapat koordinasi nasional Kadin yang dihadiri Presiden Jokowi.

James menyebutkan ada tiga pergeseran mendasar dalam dunia pekerjaan dan cara orang bekerja yang sifatnya kualitatif, sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah agar bisa mengeluarkan kebijakan yang sesuai perkembangan zaman, tidak semata-mata mengacu pada perhitungan kuantitatif.

"Pertama, geseran diversifikasi dalam bentuk kerja. Kalau dulu biasanya seseorang kerja di perusahaan dapat gaji selama 30 tahun, sekarang ada self employment, ada yang namanya temporary work atau sementara, ada yang namanya part time, kontrak," kata James yang juga chief executive officer Lippo Group.

James mencontohkan industri transportasi dengan hadirnya transportasi berbasis aplikasi, seperti Grab Taxi, di mana pemilik mobil memperkerjakan dirinya sendiri atau self employment dengan dikoordinasikan oleh Grab.

"Jika seseorang naik taksi tradisional, sopirnya dapat 20 persen, naik Grab Taxi sopirnya dapat 80 persen," kata James.

Kedua adalah terjadinya fragmentasi dalam mata rantai pasokan atau supply chain. Dahulu alur pasokan adalah dari pabrik ke distributor, lalu ke dealer, lalu ke daerah, dan seterusnya.

Dengan revolusi digital, pemilik barang atau jasa bisa berinteraksi langsung dengan konsumen lewat e-commerce.

"Fragmentasi supply chain itu secara otomatis juga mengubah konsep lama tentang pekerjaan," kata James.

Pergeseran ketiga adalah terjadinya polarisasi atau pemilahan pasar tenaga kerja yang menciptakan masalah besar karena menciptakan ketidakadilan.

James menjelaskan akibat pergeseran ini, ada orang yang bisa menerima pendapatan sangat tinggi, sementara orang lain sangat minim penghasilannya.

"Karena itulah kita tidak lagi melihat angka-angka agregat kuantitatif, employment yang tinggi, tetapi kita melihat kepada kualitas kerja itu sendiri," ujarnya.

Untuk itu, kepada Presiden Jokowi, Kadin menyampaikan aspirasi bagaimana kebijakan di bidang tenaga kerja dari pemerintah bisa menyentuh 70 persen dari 117 juta angkatan kerja di Indonesia yang berada di sektor informal.

Selain itu, lanjut James, Kadin sangat mengharapkan pemerintah bisa memfasilitasi agar Indonesia menjadi pusat revolusi digital Asia Tenggara.

Selain itu, Kadin juga mengharapkan ada perbaikan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

"Izinkan kami sampaikan Undang-Undang 13/2003 tentang Ketenagakerjaan tidak menyentuh, kesatu, mengenai sektor informal. Bahkan, dengan undang-undang itu sektor informal terus membengkak. Kedua, (UU Ketenagakerjaan) tidak menyentuh secara keseluruhan dari arus digitalisasi yang akan datang," kata James.

 

(Sumber: Berita Satu)

Pakar properti menilai keputusan pengembang Grup Lippo yang mampu menawarkan unit apartemen di kota mandiri Meikarta dengan harga yang sangat murah patut diacungi jempol, bahkan merupakan langkah patriotik. Langkah itu diyakini bakal mampu melahirkan hunian dengan jumlah warga yang sangat besar, yang menjadi modal penting untuk pengembangan kawasan tersebut.

Demikian disampaikan F Rach Suherman, CEO dari F Suherman Management, konsultan pengembangan dan pemasaran properti, di Jakarta, Selasa (12/9). Dia tak menampik, harga jual yang ditekan hingga berkisar Rp 6 juta per meter persegi di Meikarta, tentu menyisakan banyak pertanyaan.

“Jika tidak dibarengi dengan cross development strategi di areal yang mahaluas tersebut, satuan biaya lahan dan bangunan dengan harga Rp 6 juta (per meter persegi) adalah absurd,” ujarnya.

Namun, dia yakin, strategi itu akan menjadikan Meikarta sebagai konsentrasi hunian baru dengan harga yang terjangkau masyarakat. Menurutnya, strategi yang mampu menarik ratusan ribu pembeli akan berdampak pada terciptanya hunian masif dengan jumlah penduduk yang besar.

“Ini modal mahapenting untuk memudahkan pengembangan berikutnya, termasuk kawasan-kawan komersial,” jelasnya.

Dia menyarankan, pengembang sebaiknya menyisihkan 20% dari unit yang dibangun khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah. “Bahwa proyek ini lumayan patriotik, saran saya sisihkan 20% dari tower yang dibangun untuk diseleksi hanya kepada masyarakat berpenghasilan rendah, dan tidak boleh ada peluang pembeli yang sekadar membeli untuk investasi properti. Ini akan tercipta harmoni hebat yang melepaskan primordial sosial karena perbedaan status ekonomi. Lippo belum terlambat untuk mewujudkannya,” katanya.

Sebelumnya, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Syarif Burhanuddin menyatakan pembangunan kota mandiri Meikarta merupakan terobosan yang sangat berani dan luar biasa. Tawaran produk hunian di Meikarta di bawah Rp 7 juta per meter persegi, atau Rp 127 juta per unit juga sangat murah dan menarik.

“Harga Rp 127 juta itu sudah sangat murah, karena standar kredit sudah Rp 180 juta-an di Jabodetabek,” ungkap Syarif menjawab pertanyaan moderator Najwa Shihab pada talkshow “BTN Golden Property Awards 2017” di Jakarta, Senin (11/9).

Menurut Syarif, penuntasan 11,4 juta defisit perumahan membutuhkan terobosan dari BUMN dan swasta. Kisaran harga Rp 127 juta per unit apartemen di kota baru Meikarta yang ditawarkan Lippo Group sangat membantu masyarakat menengah ke bawah.

“Kisaran harganya terjangkau masyarakat menengah bawah yang punya penghasilan Rp 4 juta sampai Rp 5 juta per bulan,” tuturnya.

Konsep hunian Meikarta berbeda dengan yang lain. Harga apartemen Meikarta sangat kompetitif karena Lippo tidak mengandalkan hasil penjualan apartemen tersebut. Lippo menciptakan komunitas. Dari situ, akan muncul kebutuhan terhadap pendidikan (sekolah), kesehatan (rumah sakit), tempat perbelanjaan (mal), restoran, perkantoran, dan lain-lain. Dari pelayanan itulah Lippo memberikan subsidi harga.

Menanggapi hal tersebut, CEO Grup Lippo James Riady menjelaskan, proyek Meikarta sejak awal dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang harganya terjangkau. Itu sebabnya, harga yang ditawarkan Rp 6,7 juta per meter persegi, atau hanya sekitar Rp 127 juta per unit. “Bahkan diberi fasilitas terbaik, seperti lift,” ujarnya.

 

Sumber: Suara Pembaruan

CIKARANG -- Proyek properti terpadu Meikarta besutan Lippo Group menyerap sekitar 70 ribu tenaga kerja. Selain itu, proyek yang berdiri di atas lahan sekitar 500 hektare (ha) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat tersebut membantu Jakarta dalam mengatasi masalah kepadatan penduduk.

"Saat saya bertemu James Riady, saya bilang, dia harus fokus dengan perencanaan Meikarta ini. Ketika saya tanya, berapa penyerapan pekerjanya, James mengatakan, ada 70.000 orang termasuk pekerja konstruksi," ujar tokoh politik senior Surya Paloh saat mengunjungi Meikarta di Cikarang, Kamis (12/10).

Saat berkunjung ke proyek Meikarta di Cikarang, Surya Paloh didampingi Chief Executive Officer (CEO) Lippo Group James Riady. Surya menilai Meikarta yang dibangun oleh Lippo Group sebagai proyek besar dengan nilai besar sehingga Lippo harus lebih fokus lagi menggarapnya.

Selain Surya Paloh, pada hari yang sama, mantan Menteri Perumahan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso Monoarfa juga mengunjungi Meikarta, didampingi Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus dan Presiden Lippo Group Theo L Sambuaga.

Surya Paloh mengapresiasi proyek Meikarta. Dia mengaku sudah mengenal lama proyek-proyek yang dibangun oleh Lippo Group, termasuk sudah mengenal lama keluarga James Riady. Proyek yang dikembangkan di Lippo Cikarang ini merupakan proyek besar dengan nilai cukup besar.

“Karena itu, saya berharap Lippo Group lebih fokus lagi menggarap proyek besar ini. Meikarta adalah salah satu proyek yang memiliki nilai tersendiri sebagai kota baru. Proyek ini cukup kolosal dan membuat catatan sendiri bagi kita sebagai bangsa,” ungkap Surya.

Setelah berkeliling di kawasan Meikarta, Surya yang juga Ketua Umum Partai NasDem itu mengaku tertarik untuk berinvestasi. “Saya pikir proyek ini mudah-mudahan sukses dan saya juga sedang menghitung-hitung apakah akan ikut berinvestasi di sini ya,” kata dia.

Surya juga memuji Meikarta dibangun sesuai dengan perencanaan dan tidak ada deviasi. Meikarta merupakan megaproyek yang luar biasa dan tidak banyak proyek sebesar ini di Indonesia.

“Saya sudah banyak berjalan dan saya juga sudah banyak melihat, proyek seperti Meikarta ini tidak banyak. Ada getaran sesuatu keinginan, kesungguhan untuk melihat ke sini dan ini sebagai suatu hasil produk optimum,” kata Surya.

 

(Sumber Investor Daily)

JAKARTA-Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno (Anies-Sandi) melakukan pertemuan dengan Kepala Kejaksan Tinggi (Kajati) Jakarta, Tony Spontana di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis.

Anies mengatakan pertemuan dengan Kajati dan jajarannya adalah untuk silaturahim yang selanjutnya akan silaturahim lagi dengan pejabat Muspida DKI Jakarta lainnya.

"Ini silaturahim dengan institusi-instituai partner dan ke depan akan terus bekerja sama. Alhamdulillah tadi berkenalan dan membicarakan apa-apa saja yang bisa menjadi agenda kerja sama," kata Anies.

Tentu secara peraturan dan regulasi ada peraturannya yang diikuti, tapi di sisi lain ada terobosan yang dilakukan kejaksaan untuk memperoleh kemudahan dalam tugas di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, katanya.

"Saat ini sudah ada kerja sama TP4P (Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Pusat), sehingga proses pengerjaan proyek-proyek di provinsi dapat dikerjakan sesuai tata kelola," kata Anies.

Sementara itu, Kajati Tony mengatakan telah menyampaikan sejauh mana kerja sama antara Kejati dengan Pemprov DKI serta melihat apa yang bisa dikomunikasikan dan kerjasama.

"Saat ini Kejati mengawal 119 proyek Pemprov DKI Jakarta dengan nilai Rp4,6 triliun," kata Tony.

“Termasuk proyek pembangunan underpass dengan kantor Kejati DKI Jakarta,” katanya.

 

(Sumber Investor Daily)

Jakarta - Rumah Sakit Siloam dan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan menandatangani nota kesepakatan dengan Meikarta. Siloam dan Pelita Harapan akan membangun Rumah Sakit dan fasitas pendidikan. Dua fasilitas tersebut akan memenuhi pelayanan kesehatan dan pendidikan di kawasan Meikarta.

Direktur Meikarta, Danang Kemayan Jati mengatakan, meskipun berstandar internasional, namun dua fasilitas tersebut bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

"Siloam Hospitals akan membangun rumah sakit (RS) yang lengkap dan berteknologi canggih. RS ini terintegrasi dengan pusat perbelanjaan Grand Meikarta. Pasien kategori B dan C dilayani di RS ini," kata Danang, Selasa (10/10).

Dibangun di atas tanah lahan seluas 18.000 meter persegi (m2), RS Siloam Meikarta memiliki 1.000 unit tempat tidur. Rencananya, Siloam akan membangun 4 RS di kawasan Meikarta yang terdiri dari RS Umum dan RS Khusus dengan total 2.000 tempat tidur.

Pembangunan rumah sakit umum ini dilakukan bersamaan dengan rumah sakit paling modern untuk penderita kanker. Diharapkan, RS kanker tersebut mampu membantu pengobatan masyarakat. Sebab, kanker merupakan penyakit yang menguras banyak biaya pengobatan.

"Kanker sudah menjadi penyakit dahsyat, yang paling banyak menghabiskan uang pemerintah," kata Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia & Ketua Yayasan KankerIndonesia (YKI) Prof DR dr Aru Wisaksono SudoyoSp PD-KHOM.

Sedangkan Grup Pelita Harapan akan membangun berbagai sekolah dan perguruan tinggi berkelas dunia. Pada bulan ini, rencananya akan dilakukan ground breaking Sekolah Pelita Harapan (SPH).

Sekolah berkapasitas 1.600 murid ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dari tingkat dasar (SD) sampai lanjutan atas (SLTA). Pendaftaran murid baru generasi pertama dijadwalkan pada 2019.

Untuk tahap pertama, selain SPH, sejumlah sekolah lain dengan kurikulum nasional juga akan dibuka. Di antaranya adalah sekolah nasional berstandar tinggi Sekolah Dian Harapan (SDH), serta sekolah khusus untuk murid beragama Islam, Katolik, dan Budha.

Sekolah-sekolah tersebut sengaja dibangun dekat kawasan pemukiman agar dekat dijangkau oleh siswa. 

 

(sumber Beritasatu)

Cikarang - Proyek pembangunan kota baru Meikarta yang dikembangkan oleh Lippo Group, dinilai bisa membantu pemerintah dalam mengatasi backlog hunian yang saat ini masih cukup tinggi.

Anggota Kadin dari Nusa Tenggra timur (NTT), Abraham Paul Liyanto mengatakan, Meikarta merupakan salah satu solusi untuk mengatasi backlog perumahan di Indonesia, karena bakal merangkum 250.000 unit hunian dalam satu kawasan yang modern dan tertata, didukung fasilitas infrastrktur yang lengkap.

"Kami lihat, proyek Meikarta ini sebagai program besar dan bisa membantu pemerintah dalam program sejuta rumah dan ini harus menjadi contoh kota modern lainnya," ujar Abraham Paul Liyanto di Cikarang, Rabu (4/10).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ini menambahkan, pihaknya melihat apa yang dilakukan Meikarta sangat bagus karena konsep yang memiliki kemiripan dengan kota modern lainnya di dunia. "Hal ini bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi baru dan peluang pekerjaa baru," tambahnya.

Menurutnya, sangat wajar bila banyak masyarakat yang tertarik untuk memiliki hunian di Meikarta. Alasannya, kata dia, karena sudah tersedia semua. "Semua aksesnya sudah ada dan ini jadi contoh dalam membangun kota baru," katanya. (sumber Beritasatu).

Cikarang - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Suharso Manoarfa mengatakan hampir seluruh kota di dunia bukan dibangun oleh pemerintah, tetapi merupakan inisiatif dari swasta.

Dalam hal ini, pemerintah hanya memberikan dukungan penuh kepada swasta untuk mengembangkan sebuah kota.

“Saya pernah lihat sebuah kota di Australia itu langsung memberikan kisi-kisi mengenai infrastruktur, kemudahan. Tetapi kemudian kota itu dibangun selamanya inisiatif dan dilakukan oleh swasta,” kata Suharso di sela kunjungannya ke proyek kota baru Meikarta di Cikarang, Kamis (12/10).

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) tersebut menjelaskan pemerintah memang tidak secara langsung dapat membangun sebuah kota karena itu bagian dari wilayah hak privat penduduk. Artinya, di mana orang ingin tinggal tergantung dari kemauan orang itu sendiri.

“Misalnya seseorang mau tinggal di mana, di Jakarta, atau di Bogor, itu haknya Anda. Di mana negara tidak berhak masuk ke sana,” katanya.

Bantu Jaring Wajib Pajak

Hadirnya kota-kota baru seperti Meikarta, kata dia, semakin memudahkan pemerintah dalam mengawasi setiap penduduk dalam hal pembayaran pajak.

Dia bercerita, ketika masih menduduki jabatan sebagai menpera ada 10 orang yang mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari jumlah 10 yang mengajukan tersebut, delapan di antaranya tidak memiliki NPWP sehingga perbankan tidak dapat membiayai pengajuan rumah tersebut.

Dalam aturannya, masyarakat yang ingin mengajukan hunian harus memiliki NPWP sebagai syarat mutlak. Dengan demikian, adanya penjualan properti seperti di Meikarta akan mendorong seseorang yang belum memiliki NPWP untuk punya.

“Dengan bertambah NPWP, pertama sudah menjadi keuntungan sendiri untuk sektor negara. Kedua karena dia pembayar pajak tentu ada harapan sebagai penghasilan PPH yang pasti,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan tanah yang menjadi land banking tidak dapat menghasilkan secara maksimal untuk pemerintah. Tanah baru bisa memberi pemasukan bagi negara jika dimanfaatkan dan menjadi objek pajak bumi dan bangunan (PBB).

Kalau tanah itu menjadi daerah hunian maka bisa semakin meningkatkan penerimaan PBB. Dengan demikian, pendapatan asli daerah (PAD) di wilayah setempat akan naik secara otomatis.

“Dari PAD yang meningkat, tentunya dapat meringankan pemerintah pusat di dalam hal transfer daerah untuk fiskalnya, memperkuat fiskal daerah. Ini kalau saya lihat dari keutungan pemerintah,” terangnya. (sumber beritasatu)

Advertisement