21
Tue, Aug
29 New Articles

Top Stories

Grid List

JAKARTA - Gempa bumi dengan kekuatan 7 SR kembali mengguncang Lombok dan daerah sekitarnya, Minggu (19/8) mala. BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan 7 SR dengan pusat gempa di laut, 30 km timur laut Lombok Timur NTB pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke BPBD untuk mengetahui dampak gempa. Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5-10 detik.

"Gempa dirasakan sedang di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran pers, Minggu (19/8).

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah di Lombok. Sebagian masyarakat histeris karena merasakan guncangan gempa yang lebih keras dibandingkan sebelumnya. Mereka mendengar suara gemuruh yang kemungkinan berasal dari longsoran di perbukitan dan Gunung Rinjani. Belum dapat dipastikan dampak gempa karena listrik padam dan komunikasi mati di Lombok Timur," tutur Sutopo.

Kondisi listik PLN padam di seluruh Lombok. Kondisi gelap gulita sehingga menyulitkan untuk memperoleh informasi dampak gempa.

Gubernur NTB telah mengimbau pada masyarakat Lombok untuk tetap waspada dan tenang. Bagi masyarakat di sekitar Sembalun dan Sambelia Lombok Timur agar menjauhi perbukinan. Masyarakat agar menjauhi bangunan dan rumah yang sudah tidak memenuhi standar keamanan. Aktivitas pendidikan pada berbagai tingkatan agar diliburkan sampai batas waktu yang ditentukan kemudian.

Gempa dirasakan keras di Lombok Timur yang paling berdekatan dengan pusat gempa. Gempa dirasakan VI MMI di Lombok Timur. Berdasarkan laporan dari aparat di Lombok Timur belum dapat dipastikan berapa korban jiwa dan kerusakan. Situasi listrik padam. Gempa susulan masih terasa. Warga mengamankan diri dan mengungsi di lapangan yang ada dan menjauhi bangunan-bangunan.

Di Kecamatan Sembalun Lombok Timur, evakuasi warga yang sedang dirawat di Pustu Sembalun menuju Rumah sakit Lapangan Yonkes di Lapangan Sembalun. Masyarakat juga diarahkan mengungsi di lapangan Sembalun. Beberapa rumah dan bangunan roboh.

"Banyak bangunan roboh di Kecamatan Sambelia. Masyarakat berkumpul di lapangan dan di tempat yang aman. Masyarakat merasakan trauma dengan gempa," ujar Sutopo.

Kepala BNPB Willem Rampangilei telah berkoodinasi dengan Panglima TNI terkait pengiriman bantuan logistik dan peralatan menyusul gempa susulan 7 SR. Pesawat-pesawat Hercules TNI di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdurahman Saleh di Malang disiakan untuk mengangkut bantuan. Demikian juga kapal KRI jika diperlukan. Menteri BUMN akan lebih meningkatkan operasi pasar beras dan kebutuhan-kebutuhan dasar di Lombok.

SERANG - Hampir setiap hari, Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda, Lampung, meletus. Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau PVMBG melaporkan, Gunung Anak Krakatau telah erupsi sebanyak 576 selama sehari pada Sabtu (18/8). Tinggi letusan bervariasi, antara 100 meter hingga 500 meter dari puncak kawah.

“Selama 24 jam dari pukul 00.00WIB hingga 24.00 WIB pada Sabtu kemarin, Gunung Anak Krakatau meletus 576 kali kejadian dengan amplitudo 23-44 mm dan durasi letusan 19-255 detik. Letusan disertai lontaran abu vulkanik, pasir, lontaran batu pijar, dan suara dentuman. Secara visual, pada malam hari teramati sinar api dan guguran lava pijar. Hembusan berlangsung 80 kali kejadian, amplitudo 5-30 mm dengan durasi 10-80 detik,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (19/8).

Disebutkan, pada Sabtu, pukul 18.09 WIB, terpantau di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau PVMBG, terjadi letusan dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 m di atas puncak (sekitar 805 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi sekitar 2 menit 33 detik.

Ini adalah letusan yang terbanyak kedua sejak adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau, kemarin. Letusan terbanyak adalah sebanyak 745 kali letusan pada 30 Juni 2018, kemudian letusan terbanyak kedua adalah yang terjadi pada Sabtu lalu.

Meskipun terjadi letusan sebanyak 576 kali, namun tidak ada letusan yang besar yang menimbulkan dampak merusak. Letusan yang terjadi hanya kecil, tetapi beruntun. Letusan tidak berpengaruh pada jalur penerbangan dan jalur pelayaran di Selat Sunda.

Tidak ada peningkatan status gunungapi. Status Gunung Anak Krakatau tetap waspada (level II) dengan radius zona berbahaya di dalam radius 2 km. Bahkan, status waspada (level II) itu ditetapkan sejak 26 Januari 2012 hingga sekarang. Status waspada artinya aktivitas vulkanik di atas normal, sehingga erupsi dapat terjadi kapan saja. Tidak membahayakan selama masyarakat tidak melakukan aktivitasnya di dalam radius 2 km.

“Erupsi Gunung Anak Krakatau adalah hal yang biasa dan normal. Ibarat manusia, gunung ini masih dalam pertumbuhan. Gunung akan menambah tubuhnya untuk lebih tinggi, besar, dan lebih gagah dengan cara meletus. Gunung ini masih aktif meletus untuk tumbuh besar dan tinggi dengan melakukan erupsi. Tetapi, energi letusannya tidak besar,” kata Sutopo.

Gunung Anak Krakatau baru muncul dari permukaan laut pada 1927. Rata-rata gunung itu bertambah tinggi 4-6 meter per tahun. Energi erupsi yang dikeluarkan juga tidak besar. Sangat kecil peluang terjadi letusan besar, seperti letusan ibunya, yaitu Gunung Krakatau pada 1883. Bahkan, beberapa ahli mengatakan, tidak mungkin untuk saat ini, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Masyarakat diimbau tetap tenang. BPBD Provinsi Banten, BPBD Provinsi Lampung, PVMBG, dan BKSDA telah melakukan langkah antisipasi. Yang penting, masyarakat mematuhi rekomendasi tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2 km dari puncak kawah. Di luar itu aman.

“Justru, sesungguhnya ini adalah peluang untuk wisata dan edukasi gunungapi. Tidak semua negara memiliki gunungapi. Indonesia memiliki 127 gunungapi aktif, di mana 13% gunungapi aktif di dunia ada di Indonesia,” tuturya.

Menurutnya, selalu ada berkah di balik bahaya yang mengancam selama kita mengenali dan berada di tempat yang aman. Kita bisa mengemas paket wisata letusan Gunung Anak Krakatau sekarang. Apalagi, legenda letusan Gunung Krakatau begitu mendunia.

LOMBOK - Gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter yang berpusat di Lombok Timur, NTB, terasa hingga sejumlah wilayah di Provinsi Bali, Minggu (19/8) sekitar pukul 12.10 Wita.

"Sebulan terakhir gempa terus terjadi jadi harus selalu waspada walau agak was-was juga," kata seorang warga Wayan Astri di Desa Batubulan Kangin, Kabupaten Gianyar, Minggu (19/8).

Meski demikian, gempa yang terjadi sekitar beberapa detik itu tidak menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan warga setempat, termasuk tidak menimbulkan kepanikan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan gempa bumi terjadi sebanyak dua kali yakni berkekuatan 5,4 pada skala Richter sekitar pukul 12.06 Wita.

Gempa bumi itu berpusat sekitar 25 kilometer timur laut Lombok Timur dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Selang empat menit kemudian terjadi gempa susulan atau gempa kedua dengan kekuatan lebih besar yakni 6,5 skala Richter yang juga berpusat sekitar 32 kilometer timur laut Lombok Timur.

BMKG menyebutkan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa bumi tersebut merupakan gempa yang kesekian kalinya terjadi setelah gempa terbesar yang terjadi pada 5 Agustus 2018 berkekuatan 7 skala Richter.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat akibat gempa 7 skala Richter tersebut hingga Rabu (15/8) sebanyak 460 orang meninggal dunia, tersebar di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 396 orang, Lombok Barat (39), Lombok Timur (12), Kota Mataram (9), Lombok Tengah (2) dan Kota Denpasar 2 orang.

Jumlah korban jiwa itu diprediksi masih bisa bertambah mengingat Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban tertimbun longsor.

Untuk jumlah korban luka-luka tercatat 7.773 orang, dimana 959 orang luka berat dan rawat inap dan 6.774 orang luka ringan atau rawat jalan.

Sebanyak 417.529 orang mengungsi di ribuan titik pengungsian.

 

Sumber: ANTARA

JAKARTA - Aksi heroik siswa SMP Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanes Ande Kala, menyita perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi akan mengundang siswa yang akrab disapa Joni itu ke Istana Kepresidenan. 

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang menerima Joni di kantornya. Imam senang banyak pihak yang mengapresiasi aksi heroik Joni yang memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali agar Sang Saka Merah Putih bisa berkibar.

"Kita bersyukur, siang ini kita bertemu dengan pahlawan kita, anak muda yang sangat heroik. Terima kasih kepada banyak pihak yang mengapresiasi Joni," kata Imam di kantornya, gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Salah satu pihak yang mengapresiasi aksi Joni adalah Presiden Jokowi. Imam mengatakan Jokowi akan mengundang Joni ke Istana pada Senin (20/8) lusa.

"Senin diterima Bapak Presiden," katanya.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Imam mengatakan Joni akan diajak menyaksikan pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) nanti malam. Imam menilai Joni pantas menerima apresiasi karena aksi heroiknya tersebut. 

"Joni akan menyaksikan pembukaan Asian Games. Ini sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena kita punya Joni yang sangat heroik dan sangat spektakuler," kata Imam.

Seperti diketahui, Yohanis atau akrab disapa Joni merupakan siswa SMP yang nekat memanjat tiang bendera setinggi 23 meter. Saat itu, tengah berlangsung upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di sebuah lapangan di Kabupaten Belu. Tali yang sedianya mengibarkan Sang Saka Merah Putih putus, sehingga kegiatan upacara terhenti sejenak. 

Namun Joni dengan spontan memanjat tiang bendera tersebut tanpa alas kaki hingga ke ujung dan membenarkan tali yang terputus itu. Aksi Yohanis ini divideokan oleh beberapa orang di sekitar. 

Sebelumnya, video viral itu disebut terjadi di Atambua, salah satu kecamatan di Kabupaten Belu. Tapi sebenarnya TKP ada di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, sekitar 14 kilometer dari Atambua.

 

Sumber: Detik.com

PEMALANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membuka puncak perayaan HUT ke-68 Jateng di Pantai Widuri, Pemalang, Sabtu (18/8). Dimeriahkan berbagai hiburan dan pameran, gelaran pesta rakyat tersebut dihadiri 10.000 pengunjung.

Mengendarai Vespa super tahun 1965 warna merah, Ganjar Pranowo yang memboncengkan istri, Siti Atikoh, diiringi konvoi 150 vespa Pemalang dari Stadion Mochtar menuju lokasi pembukaan Pesta Rakyat di Pantai Widuri.

Sepanjang jalan sejauh 5,5 kilometer, Ganjar disambut ribuan warga yang berdiri berjajar di pinggir jalan. Tak ketinggalan, para pelajar turut memeriahkan dengan kibaran bendera Merah Putih.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan Pemalang dipilih sebagai pusat Pesta Rakyat Jateng karena potensi yang dimiliki cukup besar untuk dikembangkan. "Karena kawasan wisata dengan nilai budaya dan historis yang tinggi, sekaligus menjadi wilayah maritim di Jateng," katanya, Sabtu (18/8).

Dia mengatakan acara yang dimulai 18 hingga 20 Agustus itu ditarget dihadiri 10.000 pengunjung. Untuk menarik minat masyarakat, berbagai hiburan dan pameran industri kreatif disiapkan.

Total 27 kelompok kegiatan yang mengusung kearifan lokal, pembangunan daerah dan pembangunan spiritual. Ada pula lomba dolanan anak, geguritan dan macapat serta parade kesenian. "Kita juga undang artis ibu kota, Seventen dan Virza. Selain itu, ada Salawat Akbar, bersama habib Luthfi dan habib Umar Mutahar. Harapannya masyarakat senang gembira dan terbangun spiritualnya," kata dia.

Pada acara pembukaan tersebut, dihadiri sebagian besar pejabat di Jawa Tengah, seperti bupati dan wali kota juga Konsulat Jenderal Australia Surabaya.

Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sangat bersyukur dengan penyelenggaraan HUT Jateng tahun ini karena persiapan Pemkab Pemalang. "Semua bisa tumplek blek di pantai ini. Pak bupati terimakasih. Pemkab Pemalang sudah mempromosikan kegiatan ini selama sebulan terakhir lewat virtual dan lainnya bahwa di sini ada pesta, pesta rakyat," katanya.

Bukan hanya di Pantai Widuri, keriuhan warga telah dirasakan Ganjar sepanjang perjalanan menuju lokasi. Sambutan dari pelajar hingga masyarakat cukup luar biasa. "Sepanjang jalan saya naik Vespa sama ibu, dikiranya pacaran, jadi teringat jaman SMA dulu," katanya.

Ganjar mengaku sengaja memberi perhatian lebih pada Kabupaten Pemalang. Selain wisata dan budaya, perkembangan teknologi Pemalang sangat luar biasa.

"Pemalang mendapat perhatian secara serius karena berhasil mengembangkan inovasi pelayanan publik, yakni teknologi informasi di tingkat desa, bahkan menang di tingkat internasional di Swiss," katanya.

Inovasi pelayanan publik memang menjadi keahlian Ganjar, bahkan beberapa waktu lalu dia berhasil membawa Jawa Tengah meraih penghargaan inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

"Problem di Jateng tidak dapat diselesaikan tanpa gotong royong. Terimakasih pada bupati wali kota, camat, kades, perangkat sehingga problem kemiskinan bisa turun. Problem infrastruktur terselesaikan, problem orang-orang tua yang jompo sakit juga terselesaikan," katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Ganjar sempat menantang dua pelajar untuk naik ke panggung. "Apakah di sini ada pelajar yang hafal pembukaan UUD? Ada yang bisa nembang macapat?" Kata Ganjar.

Hasilnya, Tiara, siswi SMK 2 PGRI taman dan Fairus, siswa SMP 4 Pemalang. Meski sedikit lupa, mereka berhasil menunjukkan kemampuannya.

"Bapak ibu, mereka generasi penerus kita, rawat mereka. Meski kita lindungi. Jangan racuni anak kita dengan narkoba, jangan racuni mereka dengan radikalisme, jangan racuni mereka dengan pornografi," katanya

Kepada para pelajar Ganjar menjelaskan, pelajaran pertama adalah berani, pelajaran kedua adalah kalau salah kita benarkan. "Pelajaran ketiga adalah bisa membedakan mana berani, mana benar, mana salah, dan berani memperbaiki," kata dia.

Kepada orangtua jangan tekan mereka. "Kita harus lindungi mereka, kasih pendidikan yang baik, kalau Infrastruktur kurang minta ke gubernur," katanya.

JAKARTA - Sebanyak 2.178 warga binaa di lima lembaga pemasyarakatan (lapas) di Bogor mendapatkan mendapatkan remisi umum dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham). Perinciannya, 513 warga binaan di Lapas Peledang kelas II A Kota Bogor dan sisanya 1.665 orang merupakan warga binaan di lapas Kabupaten Bogor.

"Pemberian remisi ini dalam rangka menyambut Hari kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia yang jatuh pada Jumat kemarin," kata Kalapas Paledang Kelas II A Kota Bogor Gunawan ujarnya, Sabtu (18/8).

Menurut Gunawan dari 513 warga binaan yang mendapatkan remisi, 14 di antaranya bebas bersyarat. “Dari 513 orang terbagi menjadi dua remisi umum. Remisi umum I (RU I) dengan jangka waktu 1 sampai 6 bulan sebanyak 481 orang. Untuk remisi umum II (RU II) atau bebas langsung berjumlah 32 orang. Namun 18 orang di antaranya tidak langsung bebas karena ada subsider. “Jadi yang bebas langsung ada 14 orang,” imbuhnya.

Gunawan menambahkan, remisi adalah hak seluruh penghuni lapas, asalkan sudah berkelakuan baik dan menjalankan kewajibannya.

Sementara Kalapas Cibinong, Agung Krisna menyampaikan dari empat lapas atau rutan se-Kabupaten Bogor yang dihuni oleh 3.471 orang warga binaan, yang mendapatkan remisi umum sebanyak 1.665 orang.

"Perinciannya yang mendapatkan remisi umum, 1.525 orang mendapatkan RU I (pengurangan masa pidana sebagian) dan 140 orang mendapatkan RU II (pengurangan masa pidana seluruhnya),” jelasnya.

CIKARANG – {Berita7} -  Apartemen Meikarta yang menerapkan konsep tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga Indonesia saat ini menjadi pilihan utama kaum urban Jakarta. Progress pembangunannya semakin pasti, kini mencapai tujuh lantai.

Selain itu, konsep yang ditawarkan Meikarta memang pilihan hunian yang sempurna. Sebab, kota baru di Cikarang ini mempersembahkan hunian yang nyaman, ekslusif dan fasilitas lengkap.

Keberadaan kota baru Meikarta untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk membangun keluarga yang kokoh dan kreatif. Pasalnya, Meikarta menyediakan beragam fasilitas modern yang siap memanjakan setiap penghuninya di segala usia, antara lain pusat pendidikan modern, pusat kesehatan yang canggih, pusat perbelanjaan dan perkantoran eksklusif, pusat kesenian dan pameran kualitas global, hingga Central Park seluas 100 hektar sebagai pusat aktivitas penghuni Meikarta.

Meikarta memang dirancang untuk menggabungkan gaya hidup modern dan penghijauan, yang dipadukan untuk meningkatkan kualitas hidup yang indah dan harmonis. Kelebihan lainnya, Meikarta memiliki akses langsung ke seluruh tol Jabodetabek, sehingga menjadikan memilki hunian adalah aset yang bernilai investasi tinggi.

Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, kehadiran Meikarta untuk mewujudkan hunian yang memiliki fasilitas berkelas dan menawarkan kemudahan mobilitas penghuninya. “Tinggal di Meikarta akan terasa sangat nyaman yang mencerminkan gaya hidup modern,” ujar Ketut.

Pembangunan apartemen Meikarta berjumlah puluhan tower saat ini secara serentak dan cepat membangun 14 blok yang terdiri atas 28 tower. Sejalan dengan pembangunan hunian, kawasan komersial juga dibangun yang ditargetkan selesai pada November 2018. Area komersial yang dibangun di area Central Park ini akan berkonsep pusat perbelanjaan gaya eropa, bernama grEAT Avenue.

Kawasan komersial grEAT Avenue akan memadukan nuansa alam dengan kemegahan arsitektur gaya Eropa. Apalagi, tenant yang hadir dari puluhan toko, cafe dan restoran akan menyajikan makanan dan produk dari brand ternama. Maka dipastikan, kawasan ini akan menjadi destinasi terbaru dan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Kota Meikarta akan selalu menunjang gaya hidup penghuninya dengan fasilitas modern dan hunian yang nyaman dengan nilai investasi yang meningkat. Hal itu pasti karena kota ini berada di jantung perekonomian Indonesia, terpatnya di kawasan Bekapur (Bekasi, Karawang, Purwakarta).

Selama puluhan tahun, Bekapur telah menjadi magnet ekonomi nasional. Oleh karena itu, keberadaan Meikarta akan menjadi target investasi aset yang menguntungkan, sekaligus memberikan solusi kebutuhan hunian yang selama ini dibutuhkan masyarakat.

 

 

JAKARTA - Pelaksanaan Asian Games 2018 akan dimulai hari ini, Sabtu (18/8). Untuk membantu atlet dan ofisial bisa menuju venue dengan cepat serta masyarakat tidak mengendarai kendaraan pribadi, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan 2.100 unit bus Transjakarta.

Dengan rincian, sebanyak 350 bus Transjakarta dialokasikan untuk angkutan atlet dan ofisial. Sedangkan 1.750 unit untuk layanan reguler yang akan melayani koridor Bus Rapid Transit (BRT) dan non BRT.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan pihaknya diberikan tugas oleh Pemprov DKI untuk aktif dalam pelayanan transportasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Karena itu, pihaknya sudah memberikan pengarahan kepada para pramudi dan seluruh petugas yang akan mengoperasikan armadanya untuk operasional Asian Games.

"Memang pengarahannya, bus-bus baru ini akan kita gunakan untuk operasional Transjakarta di masa depan. Tapi kami sesuaikan jadwal kedatangannya dengan pelaksanaan Asian Games. Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru. Jadi selain Volvo, ada Scania yang juga buatan Swedia," kata Budi, Sabtu (18/8).

Total bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasi melayani koridor dan non koridor, menurut Budi, sudah mencapai 1.600 unit. Dengan adanya penambahan bus baru ini, maka total jumlah armada pada saat Asian Games 2018 akan mencapai 2.100 unit.

Artinya ada penambahan sebanyak 500 unit armada untuk mendukung kelancaran transportasi warga selama Asian Games 2018.

"Dari jumlah itu, khusus untuk transportasi atlet dan ofisial sudah kita siapkan 350 unit. Sedangkan untuk layanan reguler kita alokasikan 1.750 unit,” ujarnya.

Nantinya, setelah selesai Asian Games 2018, 350 bus armada untuk atlet dan ofisial akan dioperasikan untuk tambahan armada layanan reguler Transjakarta, baik di koridor BRT maupun non BRT.

Dengan begitu, akan semakin banyak armada Transjakarta yang akan melayani warga. Sehingga target 1 juta penumpang di akhir tahun 2018 bisa tercapai.

Sedangkan Kepala Humas Transjakarta, Wibowo mengatakan pihaknya tidak melakukan pengadaan bus khusus untuk Asian Games 2018. Semua armada yang baru tersebut, memang direncanakan akan dioperasikan untuk menambah layanan Transjakarta.

“Tidakada pengadaan bus untuk Asian Games. Bus Metrotrans maupun Royaltrans itu untuk operasional Transjakarta. Metrotrans tentunya untuk non BRT. Jadi 1.750 untuk layanan regular. Sisanya untuk atlet. Untuk Metrotrans ada 300 unit,” jelasnya.

JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sejak 2015 secara rutin mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungannya.

Dirjen Kelembagaan Iptek Kemristekdikti, Patdono Suwignjo mengatakan, klasteriasi perguruan tinggi Indonesia 2018 in terdiri dari lima klaster. Khusus i untuk klaster I diisi oleh 14 perguruan tinggi dan peringkat pertama ditempati oleh Institut Teknologi Bandung(IPB) dengan skor (3,57), posisi kedua Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor (3,54), posisi ketiga Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan (3,41), dan Univeritas Indonesia (UI) dengan skor (3,28).

Berdasarkan data tersebut, Patdono menuturkan, ada perubahan posisi perguruan tinggi terbaik dari sebelumnya. Pada 2017, UGM berada di posisi pertama, diikuti ITB posisi kedua, IPB posisi ketiga, dan UI berada diposisi keempat.

Patdono menuturkan, ITB berhasil menggeser UGM karena skema penilaian klasterisasi pada 2018 ini menambahkan instrumen baru, yakni kualitas inovasi dengan bobot sebesar 5 persen. Ini sebagai salah satu komponen utama dengan tujuan untuk lebih mendukung kebijakan Kemristekdikti dalam hiliriasasi hasil riset ke sektor industri. Pasalnya Kesiapan teknologi dan Inovasi adalah dua pilar dari dua belas pilar dalam indikator daya saing bangsa.

“Ada perubahan pemeringkatan tahun ini, memang empat besar masih diisi oleh kampus yang sama. Tapi ada banyak perubahan pemeringkatan. Seperti ITB berdasarkan instrumen baru memenuhi standar secara keseluruhan dan instrumen inovasi ini sangat memengaruhi perubahan peringkat,” kata Patdono pada Konferensi Pers Klasterisasi Perguruan Tinggi yang bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Serpong, Jumat(17/8).

Selanjutnya, Patdono juga menambahkan, instrumen inovasi dan kerja sama sangat berdampak dalam penilaian. Pasalnya, ada beberapa perguruan tinggi yang merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengalami peningkatan pada posisi ke dalam klaster 1. Padahal pada tahun sebelumnya LPTK sangat sulit menggeser posisi perguruan tinggi umum lainnya. Sementara yang terjadi saat ini ada tiga LPTK yang masuk klaster I yaitu Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Unversitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Negeri Malang (UNM) dengan skor yang mendekati posisi utama.

Menurut Patdono, hal ini menunjukan LPTK memiliki inovasi yang baik dan kerjasamanya berjalan dengan baik. "Bisa disimpulkan berarti di LPTK-LPTK itu punya banyak inovasi dan kerjasama perguruan tinggi," ujarnya.

 

Daftar perguruan tinggi non-vokasi yang masuk pada klaster 1 terurut sesuai skor:

Institut Teknologi Bandung (3,57),

Universitas Gadjah Mada (3,54),

Institut Pertanian Bogor (3,41),

Universitas Indonesia (3,28),

Universitas Diponegoro (3,12),

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,10),

Universitas Airlangga (3,03),

Universitas Hasanuddin (2,99),

Universitas Padjadjaran (2,95),

Universitas Andalas (2,88),

Universitas Negeri Yogyakarta (2,83),

Universitas Brawijaya (2,82),

Universitas Pendidikan Indonesia (2,70)

Universitas Negeri Malang (2,61).

Sebagai pembanding, berikut data 2017:

 

UGM

ITB

IPB

UI

Universitas Teknologi Sepuluh November (ITS)

Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Brawijaya

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Sebelas Maret

Universitas Andalas

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Padjajaran (Unpad)

JAKARTA - Sebuah perhelatan akbar olahraga se-Asia, Asian Games akan mulai resmi dibuka nanti malam pukul 19.00 WIB di Gelora Bung Karno, Jakarta. Ajang bergengsi ini akan melambungkan reputasi bangsa di pentas dunia dan tentunya menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Sebagai awalan, akan diselenggarakan sebuah pertunjukan megah dan spektakuler sebagai pembuka dari Asian Games 2018.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan hadir dan membuka perhelatan olahraga yang diikuti oleh 45 negara di Asia tersebut. Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir akan mendampingi Jokowi dalam menyambut para partisipan. Kemudian, upacara pembukaan yang dikomandani oleh Wishnutama sebagai Creative Director tersebut akan dihadiri juga oleh Perdana Menteri Republik Korea, Lee Nak-Yeon.

Pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multi-event. Dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, panggung tersebut akan menjadi latar saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade di bawah bendera kebanggaan negaranya. Saat parade akan ada 44 negara yang tampil dikarenakan Republik Korea dan Republik Rakyat Demokratik Korea akan berada dalam satu bendera yaitu Korea. Dalam parade tersebut, setiap negara akan dipimpin oleh pembawa papan nama negara yang memakai busana bernuansa burung Garuda yang dirancang oleh Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Carnival.

Dalam rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung juga pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Paskibra sebanyak 70 orang dengan formasi 17 orang sebagai pengawal, 8 orang sebagai pembawa bendera dan 45 orang sebagai penjaga yang menggambarakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945.

Pembukaan Asian Games 2018 yang diperkirakan ditonton oleh miliaran orang di seluruh dunia ini akan dimeriahkan oleh 18 artis papan atas Indonesia seperti tiga kali nominator Grammy Award, Joey Alexander dan artis kelas internasional, Anggun serta terdapat juga Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon dan Via Vallen. Selain para penyanyi, pertunjukan tersebut juga akan menampilkan 3.600 penari dan performer dibawah arahan koreografer top Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto serta diiringi oleh ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven. Patut diketahui bahwa mereka telah berlatih selama 126 hari dan menghabiskan 231.000 botol air minum serta 38.500 porsi makanan dalam rangka memberikan sebuah pertunjukan kolosal yang tidak bisa dilupakan.

Orang yang akan hadir saat upacara pembukaan Asian Games 2018 ini diperkirakan akan lebih dari 50.000 orang yang terdiri dari tamu undangan, penonton umum, atlet, ofisial, pengamanan dan wartawan. Oleh karena itu, dalam rangka menghindari kemacetan dan kerumunan massa Panitia Pelaksana Asian Games 2018 bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menutup beberapa ruas jalan yaitu Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Senayan dan Jalan Sudirman jalur ke utara. Penonton umum diharapkan datang dengan kendaraan umum, namun bagi yang membawa kendaraan pribadi, dapat memarkir kendaraannya di area Sudirman Central Business District (SCBD). Pintu masuk bagi penonton umum akan melalui pintu 5, 6 dan 7 sedangkan untuk VIP akan melalui pintu 1 dan 2.

Panitia juga telah berkordinasi dengan pihak Kepolisian dan aparat lainnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta kenyamanan seluruh pihak yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno demi kelancaran upacara pembukaan Asian Games 2018. Pihak kepolisian akan mengerahkan 8.000 personel yang tersebar di beberapa wilayah dan juga dibantu dengan ratusan kamera pengawas.

Erick Thohir, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 mengatakan bahwa Asian Games 2018 akan menjadi Asian Games terbesar sepanjang sejarah dan diyakini akan menjadi warisan atau legacy yang berharga bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

“Dengan diawali dengan sebuah upacara pembukaan yang megah, spektakuler dan sakral, kami yakin Asian Games 2018 akan menciptakan perdamaian di benua Asia dan tentunya memperkuat persatuan bangsa Indonesia,” tutup Erick Thohir.

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Ritcher mengguncang wilayah Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (17/8) malam.

Berdasarkan laporan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Waingapu, Jumat (17/8/2018) malam, gempa bumi tersebut terjadi pada tanggal 17 Agustus 2018 pukul 22:35:00 WIB.

Lokasi gempa bumi tersebut dilaporkan terjadi pada 7.35 Lintang Selatan (LS),119.88 bujur timur (BT) atau dengan jarak 128 kilometer (KM) barat laut Manggarai Barat, NTT, dengan kedalaman 559 kilometer.

Berdasarkan update informasi BMKG, gempa tersebut dirasakan di Bima, Lombok Utara II SIG-BMKG (IV MMI), Waingapu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Loteng, Kuta II SIG-BMKG (III MMI), Denpasar II SIG-BMKG (II-III MMI), Lobar I SIG-BMKG (II MMI).

Menurut penyampaian pihak BMKG bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi Tsunami. Selain itu, gempa yang terjadi di Manggarai Barat berupa gempa dalam seperti efek di permukaan hanya terasa goyang dan jarang sekali yang menimbulkan kerusakan.

JAKARTA - Sidang Tahunan Majelis Permusyarakayatan Rakyat (MPR) hanya dihadiri 65 persen anggota yang berasal dari DPR dan DPD. Sidang tahunan berlangsung di gedung paripurna MPR Senayan Jakarta, Kamis (16/8).

Hadir dalam sidang tahunan MPR itu di antaranya, Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, delapan pimpinan MPR, ketua, wakil ketua, dan para anggota lembaga-lembaga negara, menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian. Juga hadir sejumlah mantan presiden dan wakil presiden dan juga duta besar negara-negara sahabat.

Ketua MPR Zulkifli Hasan yang memimpin sidang tahunan mengatakan, sesuai aturan sidang tahunan dapat dilanjutkan setelah anggota yang hadir lebih dari 50 persen.

“Sesuai daftar, telah hadir 453 orang dari total anggota MPR 692. Dengan begitu sidang tahunan dapat dilanjutkan,” ujar Zulkifli Hasan.

Dari jumlah anggota MPR yang hadir tersebut, artinya sebanyak 35 persen atau sekitar 239 orang yang tak hadir. Padahal, sidang tahunan ini merupakan agenda kenegaraan yang dilakukan hanya setiap tahun menjelang perayaan Kemerdekaan ke-73 RI.

Advertisement