17
Sun, Dec
0 New Articles

Usai Pemasangan Ring, Setnov Bisa Diperiksa KPK

Hukum
Typography

[JAKARTA] Tim penyidik dan tim dokter Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kembali ke Rumah Sakit Premiere Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (20/9) besok. Tim penyidik dan tim dokter berencana memeriksa Ketua DPR, Setya Novanto yang menjalani pemeriksaan dan operasi pemasangan ring jantung pada Senin (18/9) kemarin.

Jubir KPK, Febri Diansyah mengatakan, tim penyidik dan dokter KPK sempat mendatangi rumah sakit usai Novanto menjalani operasi. Saat itu, Novanto yang telah berstatus tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP belum dapat diperiksa karena sedang beristirahat. Namun, dokter spesialis jantung yang menangani Novanto menyebut Ketua Umum DPP Partai Golkar itu bisa diperiksa penyidik pada Rabu (20/9).

"Tim sempat menanyakan pada dokter spesial jantung yang menangani SN (Setya Novanto), apakah terhadap SN dapat dilakukan pemeriksaan? Disampaikan, karena perkembangannya baik kemungkinan pemeriksaan dapat dilakukan pada hari Rabu ini," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta.

Meski demikian, Febri mengatakan, dilakukannya pemeriksaan ini akan diputuskan usai tim dokter memeriksa Novanto besok. Dikatakan, tim dokter dan penyidik KPK harus memastikan kondisi kesehatan Novanto dapat menjalani pemeriksaan atau fit to be question.

"Kita lihat perkembangan besok ya saya kira. Informasi lebih rinci kegiatan besok karena keterangan dari dokter masih bersifat lisan. Kami masih perlu cek dan melihat sampai dengan perkembangan besok. Jadi yang paling penting dalam kondisi sesorang dilihat secara hukum adalah apakah yang bersangkutan can to be question atau tidak itu. Itu poin yang paling krusial," tegasnya.

Diketahui, KPK telah dua kali memanggil Novanto untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Namun, Novanto tak pernah memenuhi panggilan tersebut dengan alasan sakit. Saat dipanggil untuk diperiksa pada Senin (11/9), Novanto melalui surat yang diantar Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham mengaku sedang sakit gula darah usai berolahraga sehari sebelumnya. Gula darah ini berdampak pada fungsi jantung dan ginjal Novanto. Kondisi kesehatan juga menjadi alasan Novanto untuk tidak memenuhi panggilan penyidik pada Senin (18/9) kemarin. Melalui surat yang diantar istrinya, Diesti Astriani Tagor, Novanto mengaku sedang sakit jantung. Novanto disebut menjalani pemeriksaan dan operasi pemasangan ring jantung di Rumah Sakit Premiere Jatinegara, Jakarta Timur.Febri.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Setia Budi yang ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara Sigit yang menjadi tersangka penerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sigit diketahui telah dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Pomdam Jaya Guntur pada Rabu (20/9). Motor Harley yang diduga suap dari Setia Budi kepada Sigit pun telah disita tim penyidik KPK. Dalam pengusutan kasus ini, KPK juga sudah memeriksa sembilan saksi dan satu tersangka yang terdiri dari unsur auditor BPK, pejabat dan pegawai Jasa Marga dan pihak swasta terkait di kantor perwakilan BPKP Kota Bandung beberapa waktu lalu.