17
Sun, Dec
0 New Articles

CEO Samsung Jadi Tersangka Kasus Suap Presiden Park

Hukum
Typography

Seoul. Berita7 - Jaksa khusus yang menyelidiki skandal korupsi Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye memeriksa pejabat tinggi Samsung Electronics untuk diperiksa sebagai tersangka, Kamis (12/1). Jay Y. Lee, wakil direktur Samsung Electronics akan diperiksa dalam kasus dugaan penyuapan.

Kantor kejaksaan khusus Korsel menyebut Lee juga akan diselidiki atas dugaan kesaksian palsu. Lee masih efektif memimpin Samsung, perusahaan terbesar Korsel. Lee adalah anak dari direktur utama Samsung, Lee Kun-hee, yang telah mulai berkurang aktivitasnya karena masalah kesehatan.

Jay Y. Lee diperkirakan akan ditanya mengenai sumbangan yang diberikan Samsung untuk dua yayasan yang dimiliki Choi Soon-sil, teman lama presiden. Penyidik mungkin juga akan bertanya mengenai jumlah uang yang diberikan, tindakan ap ayang dilakukan, jika dia memang mengambil keputusan untuk memberikan uang. Penyidik di kantor kejaksaan khusus juga telah mempertanyakan eksekutif senior Samsung lain sebagai tersangka terkait tuduhan suap.

Sejauh ini, baik Samsung maupun Lee belum merespons soal pernyataan yang sampaikan kejaksaan.

Tuduhan menyebut Presiden Park membantu Choi untuk menagih uang suap bernilai jutaan dari Samsung dan perusahaan-perusahaan lainnya berada di jantung skandal korupsi. Sejak saat itu, kekuasaan dan wewenang Park telah dibekukan. dan statusnya masih bergantung sidang di MK, yang pada akhirnya akan memutuskan apakah status presidennya akan berakhir. [dsl]