20
Fri, Jul
0 New Articles

Ditanya Soal Umumkan Kontestan Pilkada yang Jadi Tersangka, Agus: Minggu Ini Kita Umumkan

Hukum
Typography

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo berjanji bakal segera mengumumkan calon kepala daerah yang menjadi tersangka korupsi. Bahkan, Agus berjanji pengumuman tersebut akan disampaikan pada pekan ini.

"Minggu ini kita umumkan," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Senin (12/3).

Agus masih enggan mengungkap nama kontestan Pilkada serentak 2018 itu yang akan menyandang status tersangka. Agus hanya memberikan sinyal terdapat sejumlah calon kepala daerah yang dijerat pihaknya.

"Beberapa orang. Beberapa orang yang akan ditersangkakan itu insya Allah kita umumkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Agus memastikan terdapat sejumlah calon kepala daerah yang terindikasi korupsi. Agus menyebut dalam gelar perkara yang dilakukan, pimpinan KPK sepakat meningkatkan kasus mereka ke tahap penyidikan.

"Ekspose (gelar perkara) sudah dilakukan di hadapan pimpinan, dan sudah disetujui oleh pimpinan untuk naik ke penyidikan," kata Agus melalui pesan singkat, Kamis (8/3).

Agus menegaskan, penyelidikan dugaan korupsi yang dilakukan sejumlah calon kepala daerah itu telah dilakukan sejak lama. Saat ini, penyelidikan sudah berjalan 90 persen atau nyaris rampung. Untuk itu, saat ini, kata Agus, tinggal menuntaskan proses administrasi sebelum mengumumkan mereka sebagai tersangka.

"Tinggal 10 persen itu proses administrasi keluarnya sprindik dan diumumkan," katanya.

Agus enggan menjawab saat disinggung calon kepala daerah dari wilayah mana yang bakal menyandang status tersangka korupsi. Agus meminta untuk menunggu pengumuman resmi KPK melalui konferensi pers.

"Tunggu nanti diumumkan," jawab Agus singkat.

Â

Sumber: Suara Pembaruan