20
Fri, Jul
0 New Articles

Deklarasikan Melawan Hoax, Kapolda Metro: Nyatakan Perang

Hukum
Typography

JAKARTA - Polda Metro Jaya mendeklarasikan kegiatan melawan berita atau informasi hoax di media termasuk dunia maya. Polisi bakal menggelar kegiatan kampanye untuk mengajak masyarakat melawan hoax.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, bersama pejabat dan jajaran Polda Metro Jaya mendeklarasikan kegiatan lawan hoax, di depan Gedung Promoter Polda Metro Jaya, hari ini, Senin (12/3).

"Jajaran Polda Metro Jaya telah mendeklarasikan perlawanan terhadap hoax. Setelah kami mendeklarasikan ini, nanti akan diikuti oleh seluruh jajaran Kapolres dengan modul dan kaos yang sama," ujar Idham, Senin (12/3).

Dikatakan, polisi akan menggelar kampanye dan mengajak masyarakat untuk melawan peredaran informasi hoax dengan membagikan stiker-stiker bertuliskan anti hoax kepada pengguna jalan.

"Nanti juga secara berjenjang, ke depan kita akan membagikan kaos-kaos ini kepada seluruh komponen masyarakat. Contohnya, masyarakat komunitas ojek online, komunitas-komunitas masyarakat lain, bahkan masuk ke SMA-SMA maupun universitas," ungkapnya.

Ia menyampaikan, kegiatan itu bertujuan agar bangsa Indonesia khususnya Ibu Kota Jakarta terbebas dari hoax.

"Karena hoax ini sangat-sangat berbahaya dan bisa jadi virus pemecah bangsa," katanya.

Menyoal bagaimana cara memerangi hoax, Idham menuturkan, dengan melakukan kampanye anti-hoax, kemudian menelusuri atau melacak, melakukan penangkapan, dan diadili.

"Secara struktur Dirkrimsus sudah siapkan satu tim khusus untuk menangani kasus-kasus hoax yang terjadi di jajaran Polda Metro Jaya," tegasnya.

Idham mengungkapkan, deklarasi melawan hoax ini tidak berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilihan Presiden. Ini bertujuan agar Jakarta sebagai barometer nasional, keamanannya bisa dikelola dengan baik.

"Semuanya dilakukan sesuai prosedur. Kalau ada kita akan proses dengan aturan main. Tidak akan keluar dari aturan main yang ada di KUHP dan Undang-undang ITE," tandasnya.

Â

Sumber: BeritaSatu.com