17
Tue, Jul
0 New Articles

Desain Inovatif yang Dirancang Arsitek Kelas Dunia

Gaya Hidup
Typography

CIKARANG – (berita7.com)- Kawasan hunian Meikarta memang sangat berbeda dengan kawasan hunian lain. Sebagai kota baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Meikarta dikembangkan lebih inovatif dalam pemanfaatan ruang. Sebab, hanya di Meikarta dirancang oleh arsitektur dan desain kelas dunia.

Meikarta dalam pemanfaatan tata ruang kota, menempatkan berbagai infrastruktur dan fasilitas umum yang digunakan penghuni lebih inovatif dan efisien. Dalam rancangan pembangunan infrastruktur transportasi kota ini didesain dengan konsep 4 layers of coherent internal network. Inovasi itu adalah pertama di Indonesia dengan membuat jalur jalan dibuat bertingkat sehingga kendaraan bisa bergerak ke arah yang dituju tanpa harus terhalang kemacetan.

Pembangunan infrastruktur di Meikarta akan memudahkan pergerakan kendaraan saat berpapasan atau saat berputar. Jalur jalan akan memiliki 3 jenis jalur, yakni 6 jalur selebar 30 meter, 8 jalur selebar 48 meter dan 10 lajur dengan lebar 60 meter. Pembagian jalur jalan tersebut menyesuaikan dengan pemanfaatan ruang yang terbagi pada sejumlah kawasan strategis, seperti kawasan hunian, bisnis, pendidikan dan komersial.

Meikarta akan lebih inovatif dalam pembangunan infrastruktur karena akan berupaya penghuninya tidak merasakan kemacetan. Konsep tata kota yang indah di kota-kota besar di dunia seperti di Paris dan New York, akan diterapkan di Meikarta. Jalur jalan akan besar dan jumlahnya banyak. Sehingga, meski pada jam sibuk, mobilitas penghuni akan mudah dan cepat.

Selain itu, Meikarta juga melakukan terobosan baru dalam pembangunan kawasan hunian yakni menggunakan konsep traf fic efficient grid system, yang penataan kota ini satu-satunya di Indonesia dengan konsep grid. Artinya, setiap bangunan hunian akan terbentuk blok sehingga jalur jalan dibuat lebar untuk memberikan ruang ke pejalan kaki. Konsep ini terinspirasi dari jalan avenue di Kota New York, yang memberikan ruang yang lebih pada pedestrian, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna kendaraan, sepeda dan pejalan kaki. Meikarta memang menawarkan konsep infrastruktur dan fasilitas dari kota-kota kelas dunia. Suasana sepanjang jalan Meikarta akan indah dan rindang karena akan ditemui butik fashion ternama, restoran dan coffee shop, sehingga perjalanan Anda ke tempat tujuan akan terasa menyenangkan, terbebas dari stress.

Bukti lainnya Meikarta dibangun berbeda dari kawasan hunian lainnya yakni dengan keberadaan Central Park seluas 100 hektar. Area hijau ini menjadi bukti kota ini adalah kota masa depan yang membangun kawasan hijau secara berkelanjutan. Konsep taman luas ini disertai danau yang cantik dengan dilengkapi koleksi tanaman, kebun binatang mini, jogging track, hingga wahana wisata yang membuat tinggal di Meikarta semakin menyenangkan.

Indikator kota dengan masyarakat yang sehat adalah ketersediaan infrastuktur yang inovatif, sehingga mobilitas warga terhindar dari macet. Apalagi oksigen yang segar selalu tersedia di sepanjang jalan Meikarta karena keberadaan koleksi pepohonan yang rindang dan besar. Karena itu, tak salah jika Meikarta akan menjadi kawasan dengan nilai investasi tinggi karena hanya di Meikarta pembangunannya dengan inovasi dan terobosan terbaru.

Â

Â

Sumber: Investor Daily