15
Fri, Dec
0 New Articles

Keindahan Mandalika, Pesona Wisata Nusa Tenggara Barat

Gaya Hidup
Typography

Nusa Tenggara Barat sekarang sedang giat mempromosikan kawasan wisata Mandalika. Terdengar asing? Bagi sebagian traveler atau wisatawan dalam negeri nama Mandalika mungkin belum terdengar familiar. Banyak yang lebih mengenal Gili Terawangan, Gili Meno atau Pantai Senggigi dibandingkan Mandalika. Padahal, kawasan ini tidak kalah cantik dengan destinasi wisata yang sekarang sudah tenar di Lombok.

Mandalika kini menjadi salah satu kawasan wisata yang sedang giat dibangun oleh Pemerintah Indonesia. Lewat Kementerian Pariwisata, Mandalika mulai dibenahi dari segala sisi dan sudah menarik perhatian investor dari dalam dan luar negeri.

Untuk menuju Mandalika, wisatawan bisa menuju ke Mataram terlebih dahulu. Dengan banyaknya opsi maskapai dengan harga tiket yang murah hingga yang mahal (referensi : https://www.traveloka.com/tiket-pesawat), rasanya terbang ke Lombok bukanlah hal yang sulit belakangan ini. Nantinya setelah mendarat di bandara baru di Praya, wisatawan bisa langsung menuju Mandalika yang jaraknya kurang lebih 30 menit dari bandara.

Pemerintah Indonesia sendiri punya rencana untuk membangun banyak hal di Mandalika. Mulai dari resort di atas laut yang mirip dengan Bora-Bora, hingga sirkuit jalanan untuk arena balap kelas dunia dengan pemandangan yang sangat indah.

Agar menarik perhatian dari wisatawan, Pemerintah Provinsi NTB sendiri sedang dalam proses membangun infrastruktur yang memadai. Setelah selesai membangun bandara baru di kawasan Praya yang bisa menampung lebih banyak pesawat, kini pemerintah pusat dan daerah juga membangun jalan raya menuju Mandalika agar lebih lebar dan mudah dilalui berbagai jenis kendaraan.

Mandalika adalah kawasan teluk yang sangat indah, dengan pantai berpasir putih dan karang-karang yang nampak jelas di perairan dangkalnya. Sementara di sisi lain, laut di Mandalika cukup dalam dan bisa dipergunakan untuk menyelam.

Kawasan Mandalika yang berbukit-bukit juga akan dijadikan area golf dan penginapan yang cantik. Selain ke pantai, wisatawan bisa mampir ke Bukit Merese dengan padang rumput menghijau dan pantai indah di tepiannya. Bukit ini cukup luas, mirip dengan perbukitan di kawasan Sumba, NTB atau Bukit Teletubbies di Bromo.

Wisatawan pun tak perlu khawatir bakal bosan dengan satu tempat liburan saja, karena ada banyak pantai-pantai indah di Mandalika. Mulai dari Pantai Batu Payung yang cocok buat melihat sunset, atau Pantai Kuta yang sama cantiknya dengan Kuta di Bali.

Khusus buat wisatawan yang senang menantang adrenalin, ada Pantai Ubrug yang tak hanya memiliki pemandangan indah, tapi juga ombak yang besar. Cocok buat mereka yang senang berselancar di atas ombak nan menantang.

Selain itu, Mandalika juga menawarkan wisata budaya yang tidak akan ditemui di tempat lain. Salah satunya adalah budaya Bau Nyale, yakni mencari cacing di pantai bersama ribuan orang lainnya yang berasal dari suku Sasak. Festival ini berlangsung satu tahun sekali, dan biasanya didatangi banyak wisatawan karena keunikannya.

Kini pemerintah sedang mempercepat pembangunan kawasan Mandalika. Pembangunan ini tidak hanya didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, namun juga Kementerian BUMN yang siap mendukung proses Mandalika menjadi destinasi wisata dunia.

Jika rencana pemerintah membangun Mandalika berhasil, maka kawasan ini akan jadi tuan rumah event balap motor dunia pada tahun 2019 nanti. Selain mendatangkan banyak pecinta balapan, tentu juga menarik perhatian banyak wisatawan dunia karena acara itu disiarkan di berbagai negara.

Sebelum tenar di luar negeri, mengapa bukan kita sendiri yang menikmati indahnya Mandalika terlebih dahulu?. Demikian Suara pembaruan melaporkan. (Tim/h)