17
Sun, Dec
0 New Articles

Pemerintah Tawarkan JICA Biayai Tol Trans Sumatera

Ekonomi
Typography

Jakarta – Pemerintah Indonesia menawarkan kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membiayai pembangunan tol Trans Sumatera, khususnya ruas Padang-Pekanbaru sepanjang 240 km.

“Ruas Padang - Pekanbaru paling prioritas. Ini ditawarkan karena lebih komersial,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden JICA, Shinichi Kitaoka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7).

Dia mengatakan, tawaran disampaikan kepada JICA sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengeksplorasi sember dana untuk membiayai proyek yang akan dikerjakan PT Hutama Karya hingga tahun 2024 mendatang.

“Ini kan semua sumber dana di eksplorasi karena ketersediaan rupiah sudah terbatas. Tapi untuk tol Trans Sumatera kan perlu jaminan pemerintah. Menteri Keuangan menjawab okay, jadi bermacam-macam jaminan akan diberikan dengan berbagai skim pembiayaan,” ujarnya.

Dia mengatakan, sebelumnya pemerintah telah menawarkan kepada JICA tiga proyek infrastruktur, yaitu Pelabuhan Patimbang, MRT East-West, dan kereta api Utara Jawa.

Menurut Basuki, ruas tol Padang-Pekanbaru dijadikan sebagai prioritas, karena jalur itu sangat penting untuk mempermudah distribusi logistik di Pulau Sumatera.

“Barang dari Pekanbaru kan berasal dari Padang. Cuma untuk membawa barang dari Padang ke Pekanbaru harus berputar-putar, apalagi kalau dari Malaysia. Jadi, kalau dari Padang bisa langsung diangkut ke Dumai,” katanya.

(Tim/h)