20
Fri, Apr
32 New Articles

Lippo Group Dorong Perkembangan UMKM Jabar

Ekonomi
Typography

Bandung, Berita7.com - Lippo Group mendorong tumbuhnya usaha lokal yang berbasis UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di wilayah Jabar. Bentuk dukungan itu tidak sebatas moral namun juga sumbangsih berupa dana untuk pembangunan sekretariat Kadin Jabar di Bandung. Sebagaimana di beritakan sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat (Jabar) berencana membuka kantor sekretariat Kadin untuk membantu para pengusaha mengembangkan usahanya. 

Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar yang mewakili Lippo Group mengatakan sumbangsih itu merupakan bentuk kerja sama nyata untuk sama-sama mengembangkan dunia usaha di wilayah Jabar. “Lippo Group ingin dekat dengan (pengusaha, Red) dan dunia bisnis di sini. Makanya kita juga mendukung agar semuanya sama-sama maju dan membangun negeri,” ujar Emirsyah saat melakukan kunjungan ke sekretariat Kadin Jabar di Bandung, Selasa (15/9).

Lippo Group memberikan sumbangan sebesar Rp 500 juta untuk pembangunan sekretariat yang menghabiskan dana setidaknya Rp 9 miliar. Gedung yang memiliki enam lantai ini masih belum dioperasikan hingga saat ini karena menunggu proses penyelesaian akhir. Sumbangan itu berawal dari pertemuan pimpinan Lippo Group James Riady dengan Ketua Kadin Jabar Agung Sutrisno Kamal beberapa waktu lalu.

Agung mengungkapkan, sumbangan itu merupakan bentuk nyata dukungan dan sinergi antara pengusaha di Jabar dengan Lippo Group. “Jabar ini provinsi strategis dengan 58 persen industri strategis nasional yang ada di wilayahnya. Makanya sangat strategis membangun kerja sama di sini,” ungkap Agung.

Pada kesempatan itu, Agung juga berharap salah satu usaha bisnis Lippo Group, MatahariMall.com bisa menjadi salah satu pintu kerja sama bagi para pengusaha di Jabar. Apalagi, kata Agung, saat ini lini bisnis e-commerce di bawah pimpinan Emirsyah Satar itu makin mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi belanja.

“Matahari memiliki outlet-nya. Kadin beranggotakan para pengusaha. Harapannya bisa bersinergi untuk mengenalkan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Jabar,” ungkap Agung.

Selain itu, Agung juga berharap, Lippo Group mau bahu-membahu bersama Kadin Jabar membangun kepedulian dan solidaritas bersama para pengusaha saat terjadi pelemahan rupiah seperti sekarang ini. “Mungkin dengan membantu dari sisi market dan pembinaan,” kata Agung.

Hal itu sejalan dengan moto yang disampaikan oleh pendiri Lippo Group, Mochtar Riady. “Lippo itu kata Pak Mochtar Riady berarti adanya kekuatan modal dan sumber moral. Makanya tidak salah kalau moto itu dijadikan pegangan,” imbuh Agung. (sla/edr)