21
Tue, Aug
29 New Articles

Tetap Ingin Pegang Kendali, Freeport Tak Ingin Pelepasan Sahamnya Sia-sia

Ekonomi
Typography

JAKARTA - Freeport McMoRan Inc menyatakan keinginan sebagai pemegang kendali bisnis dan keuangan pada anak usahanya di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia, meski perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu sudah menyepakati melepas 51 persen saham ke pihak Indonesia melalui divestasi.Â

"Penting bagi kami untuk terus memiliki kendali atas cara mengelola bisnis dan kebijakan keuangannya," kata CEO Freeport McMoRan Richard C. Adkerson dalam conference call kuartal I/2018 Selasa, (24/4) waktu setempat.

Pelepasan 51 persen saham itu menjadi bagian dari negosiasi antara Freeport dengan pemerintah. Saat ini pemerintah dan PT Inalum (persero) sedang melakukan perundingan terkait harga hak partisipasi (participating interest/PI) Rio Tinto. Rencananya Inalum sebagai Holding BUMN Pertambangan akan membeli 40 persen PI Rio Tinto. PI tersebut nantinya akan dikonversi 40 persen saham Freeport.

Rio Tinto tidak secara langsung memiliki saham Freeport Indonesia. Namun, dalam laporan keuangan Freeport McMoRan disebutkan, perusahaan tambang asal Australia ini memiliki perjanjian usaha patungan untuk pengerjaan proyek Grasberg dengan Freeport McMoRan. Dalam perjanjian ini, Rio Tinto berhak atas 40 persen hak partisipasi di aset tertentu dan 40 persen hak partisipasi untuk semua aset di Grasberg sampai 2022 jika produksi emas, perak, dan tembaga mencapai level tertentu. Setelah 2022, berapapun produksi, biaya, dan pendapatan dari Proyek Grasberg akan dibagi dua, yakni Freeport Indonesia 60 persen dan Rio Tinto 40 persen.

Richard menegaskan pihaknya tidak terlibat dalam proses tawar menawar PI Rio Tinto tersebut. Dia menilai langkah pemerintah membeli hak partisipasi Rio Tinto itu sebagai strategi yang positif.

Divestasi ini ditargetkan rampung paling lambat akhir April. Saham pemerintah di Freeport Indonesia sebesar 9,36 persen telah dialihkan ke Inalum. Bila Rio Tinto dan Inalum mencapai kata sepakat maka jumlah saham belum mencapai 51 persen. Artiannya Inalum akan membeli saham Freeport McMoRan agar divestasi genap 51 persen.

Â

Sumber: BeritaSatu