17
Tue, Jul
0 New Articles

2025, Menhub Perkirakan Bandara Internasional Soekarno Hatta Layani 100 Juta Penumpang

Ekonomi
Typography

TANGERANg - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memproyeksikan lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang bakal lebih dari 100 juta penumpang pada 2025. Angka tersebut tumbuh 58 persen dari realisasi tahun lalu sebanyak 63 juta penumpang.

"Lalu lintas Bandara Soekarno Hatta akan meningkat. Kami perkirakan bisa mencapai lebih dari 100 juta penumpang pada 2025. Tahun lalu jumlah penumpangnya 63 juta orang," kata Menhub di sela peninjauannya ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Minggu (15/4).

Dia menambahkan, PT Angkasa Pura (AP) II saat ini melakukan sejumlah peningkatan kapasitas demi mengakomodasi lonjakan penumpang, di antaranya membangun east cross taxiway dan landasan 3 yang diharapkan menambah pergerakan pesawat dari 81 menjadi 114 pergerakan pesawat.

"Kalau diterjemahkan dalam bentuk movement, sekarang ini sudah 81 pergerakan per jam dan nanti kami harapkan menjadi 114. Hal ini karena yang dibangun adalah runway 3 disertai taxiway dan juga dibangun east cross taxiway," ungkap Budi.

Dia menambahkan, pergerakan kargo melalui moda transportasi udara di Bandara Soekarno Hatta juga akan bertambah lantaran AP II sedang mengerjakan cargo village. Cargo Village diprediksi menaikan jumlah kargo hingga 50 persen.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, pihaknya bakal membangun terminal 4 yang rencananya dimulai pada akhir 2019. AP II akan menuntaskan terlebih dahulu basic design pada tahun ini, kemudian menggarap detailed engineering design (DED).

Â

Sumber: BeritaSatu