26
Thu, Apr
44 New Articles

Top Stories

JAKARTA - Freeport McMoRan Inc menyatakan keinginan sebagai pemegang kendali bisnis dan keuangan pada anak usahanya di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia, meski perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu sudah menyepakati melepas 51 persen saham ke pihak Indonesia melalui divestasi. 

"Penting bagi kami untuk terus memiliki kendali atas cara mengelola bisnis dan kebijakan keuangannya," kata CEO Freeport McMoRan Richard C. Adkerson dalam conference call kuartal I/2018 Selasa, (24/4) waktu setempat.

Pelepasan 51 persen saham itu menjadi bagian dari negosiasi antara Freeport dengan pemerintah. Saat ini pemerintah dan PT Inalum (persero) sedang melakukan perundingan terkait harga hak partisipasi (participating interest/PI) Rio Tinto. Rencananya Inalum sebagai Holding BUMN Pertambangan akan membeli 40 persen PI Rio Tinto. PI tersebut nantinya akan dikonversi 40 persen saham Freeport.

Rio Tinto tidak secara langsung memiliki saham Freeport Indonesia. Namun, dalam laporan keuangan Freeport McMoRan disebutkan, perusahaan tambang asal Australia ini memiliki perjanjian usaha patungan untuk pengerjaan proyek Grasberg dengan Freeport McMoRan. Dalam perjanjian ini, Rio Tinto berhak atas 40 persen hak partisipasi di aset tertentu dan 40 persen hak partisipasi untuk semua aset di Grasberg sampai 2022 jika produksi emas, perak, dan tembaga mencapai level tertentu. Setelah 2022, berapapun produksi, biaya, dan pendapatan dari Proyek Grasberg akan dibagi dua, yakni Freeport Indonesia 60 persen dan Rio Tinto 40 persen.

Richard menegaskan pihaknya tidak terlibat dalam proses tawar menawar PI Rio Tinto tersebut. Dia menilai langkah pemerintah membeli hak partisipasi Rio Tinto itu sebagai strategi yang positif.

Divestasi ini ditargetkan rampung paling lambat akhir April. Saham pemerintah di Freeport Indonesia sebesar 9,36 persen telah dialihkan ke Inalum. Bila Rio Tinto dan Inalum mencapai kata sepakat maka jumlah saham belum mencapai 51 persen. Artiannya Inalum akan membeli saham Freeport McMoRan agar divestasi genap 51 persen.

 

Sumber: BeritaSatu

RIAU - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Menteri Desa), Eko Putro Sanjoyo, meninjau pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (25/4). Dalam kunjungan ini, Eko membuktikan sendiri warga desa yang bekerja di proyek PKT mendapat upah sebesar Rp 100.000 per hari.

Berdasarkan pantauan, Eko tiba sekitar pukul 12.30 WIB, di Balai Desa Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupen Kampar, Riau. Mengenakan kemeja putih, dirinya langsung disambut oleh 50 atlet pancak silat dari Perguruan Setia Hati Teratai.

"Bagus banget, lincah gerakannya," ujar Eko setelah menyaksikan pencak silat tersebut selama lebih kurang 5 menit.

Setelah itu, warga Sari Galuh yang meyoritas bekerja sebagai petani sawit, berdiri menyambut dan menyalami dirinya. Sebelum berdialog dengan warga, Eko menyempatkan diri untuk menyapa warga Sari Galuh yang mengerjakan saluran irigasi.

"Dibayar berapa pak per hari?" tanya Eko. "Alhamdulillah per hari dibayar Rp 100.000," jawab warga.

Mendengar jawaban tersebut, Eko nampak cukup puas. Upah sebesar itu dianggap sudah memenuhi batas kewajaran. Lebih penting lagi, proyek PKT dinilai telah memberikan lapangan pekerjaan untuk warga.

"Itu yang paling penting. Proyek ini dapat mengurangi tingkat pengangguran di desa," ujarnya.

Dalam kunjungan ini, Eko melihat secara langsung pelaksanaan program PKT (cash for work) berupa pembuatan saluran lingkungan dengan total biaya pengerjaan mencapai Rp 38 juta.

Sebagai informasi, pemerintah tahun ini mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 60 triliun. Salah satunya, dimanfaatkan untuk program PKT.

Program PKT sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Sumber: Investor

JAKARTA - PT PLN (persero) mengungkapkan kerugian mencapai Rp 10 triliun setiap tahunnya akibat terjadinya pencurian listrik. Perusahaan listrik pelat merah itu kini tengah memburu pelaku pencurian tersebut sebagai salah satu langkah efisiensi agar tarif listrik tetap stabil hingga 2019.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan pelaku pencurian itu berasal dari berbagai kalangan mulai dari sektor industri hingga perumahan. Pihaknya sedang menerjunkan auditor listrik untuk memeriksa terjadinya pencurian tersebut.

"Bagi para pengusaha, industri, perumahan, janganlah melakukan pencurian (listrik) karena tahu angkanya sekitar berapa? Bisa di atas Rp 10 triliun itu per tahun," kata Sofyan di Jakarta, Selasa (24/4).

Sofyan membeberkan sejumlah lokasi yang rawan aksi pencurian yakni kawasan industri Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Dia mendapati dua industri yang melakukan pencurian dengan nilai kerugian hingga Rp 300 miliar. Hanya saja Sofyan tidak menjelaskan lokasi serta industri yang dimaksud. "Mereka pakai (daya) besar ya 15.000 watt, 10.000 watt," ujarnya.

Dikatakannya aksi pencurian juga terjadi di kawasan perumahan mewah maupun kumuh. Bahkan dia menyebut ada instansi yang melakukan pencurian. Pihaknya berencana memakai smart meter untuk menekan aksi pencurian tersebut. "Tolong sampaikan ke masyarakat kami turunkan ribuan auditor untuk meriksa ke rumah-rumah. Mencuri itu pidana," tegasnya.

 

Sumber: BeritaSatu

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan keramba jaring apung lepas pantai (KJA Offshore) di laut wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (24/4), untuk meningkatkan produktivitas ikan laut dan melestarikan kembali ikan yang nyaris punah.

Peresmian itu dilakukan secara seremonial di lapangan terbuka PPI Cikidang, Pangandaran yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan sejumlah pejabat birokrasi lainnya.

Peresmian juga dihadiri para nelayan di Kabupaten Pangandaran, masyarakat umum, pimpinan organisasi dan tokoh masyarakat di kota itu.

Presiden sebelum meresmikan sempat berbincang dengan sejumlah nelayan untuk menyerap aspirasi nelayan tentang persoalan yang terjadi di Pangandaran.

Jokowi dengan ciri khasnya selalu menyapa masyarakat itu menyampaikan, KJA di laut Pangandaran itu merupakan terobosan pertama di Indonesia yang akan memberikan manfaat dan meningkatkan produktivitas ikan di Indonesia.

Ia menyebutkan, selain Pangandaran, rencananya yang akan dibangun teknologi serupa oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni di Sabang dan Karimun Jawa.

"KJA ini diharapkan menjadi cikal bakal berlipatgandanya budi daya perikanan di Indonesia, kita harus ingat bahwa 70 persen negara kita itu air," katanya.

Selain meningkatkan produktivitas ikan, kata dia, KJA tersebut akan menyerap tenaga kerja, tercatat dalam penerapan KJA di Pangandaran ini melibatkan 215 sampai 250 orang.

"Yang tidak langsung sekitar 220 orang, itu baru satu, di Pangandaran saja, belum yang di Sabang dan Karimun Jawa," katanya.

Ia berharap, keberadaan KJA Offshore Pangandaran tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya perekonomian nelayan.

"Ini lompatan teknologi perikanan kita agar ke depan kesejahteraan nelayan meningkat," katanya.

 

Sumber: ANTARA

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah pada siang hari perdagangan hari ini, Senin (23/4) dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Data Bloomberg menyatakan, rupiah pukul 11.56 WIB di pasar spot exchange berada di level Rp 13.916 per dolar AS atau terdepresiasi 23 poin (0,17 persen) dibandingkan perdagangan sebelumnya Rp 13.893. Transaksi rupiah hari ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 13.886-Rp 13.922 per dolar AS.

Sementara euro di pasar spot melemah 0,14 persen ke 1,2271 euro per dolar AS dibandingkan perdagangan sebelumnya. Adapun pound sterling naik 0,11 persen ke 1,4015 pound sterling per dolar AS, yen melemah 0,13 persen ke 107,8 per dolar, yuan menguat 0,04 persen ke 6,2953, won melemah 0,19 persen ke 1.069,16, dan dolar Singapura melemah 0,05 persen ke 1,3169.

Menurut data IMQ21, rupiah pagi ini berada di level Rp 13.900 atau terdepresiasi 7 poin (0,05 persen) dari penutupan sebelumnya Rp 13.893. Rupiah berada di level terlemah di Rp 13.907 dan terkuat di Rp 13.869.

Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah pada perdagangan hari ini berada di kurs tengah Rp 13.894 atau terdepresiasi 90 poin dari perdagangan sebelumnya Rp 13.804. Rupiah diperdagangkan di kisaran Rp 13.963 (kurs jual) dan Rp 13.825 (kurs beli).

 

Sumber: BeritaSatu

PURBALINGGA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pengerjaan konstruksi pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga, hari ini, Senin (23/4). Proyek bandara tersebut ditargetkan rampung pada akhir 2019.

Presiden menjelaskan, di Jawa Tengah bagian selatan dan barat, belum ada bandara yang cukup memadai untuk melayani pergerakan masyarakat. Karenanya, pemerintah menginisiasi pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman yang semula berstatus pangkalan udara milik TNI AU.

"Sebab itu hari ini dimulai pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga seluas 115 ha (hektare)," ungkap Jokowi di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga pada Senin (23/4).

Jokowi menjelaskan, pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman akan dibagi dalam dua tahap. Tahap 1 berupa pembangunan landasan 1.600 meter (m) yang ditargetkan selesai pada akhir 2019. Sedangkan tahap 2 berupa perpanjangan landasan hingga 2.500 m.

"Dan kita harapkan ini nanti juga dengan terminal seluas 3.000 m2 akan bisa menampung penumpang 300.000 penumpang dalam setahun dan kita harapkan bandara selesai akhir tahun 2019," imbuh Jokowi.

Jokowi mengharapkan, bandara ini tidak hanya memberikan manfaat untuk Kabupaten Purbalingga tetapi juga sembilan kabupaten/kota di antaranya Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, dan Wonosobo.

Dengan hadirnya bandara ini juga, terang Jokowi, diharapkan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Purbalingga dan sekitarnya.

"Di sini sudah ada investasi yang semua orientasi ekspor. Ada industri bulu mata yant terbesar karena menyangkut 60.000 tenaga kerja. Kalau bandara ini ada investasi seperti ini bisa lebih besar dan ekspansi. Kita harapkan tidak hanya bulu mata, investasi di bidang lain bisa berkembang cepat," terang Presiden.

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, dengan peresmian oleh Presiden tersebut, maka pengerjaan konstruksi bandara ini pun dimulai. Menurutnya, pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman dapat terwujud melalui kerja sama pemerintah pusat, TNI, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, dan PT Angkasa Pura (AP) II.

"Pengerjaan konstruksi bandara ini dikerjakan oleh AP II dengan dana mereka juga. Nantinya bandara ini juga dikelola oleh AP II," ungkap Menhub.

 

Sumber: BeritaSatu

SUMSEL - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, mengatakan jalur ganda kereta api Kertapati-Prabumulih dan Martapura-Baturaja di Sumatra Selatan siap dioperasikan pada 25 April mendatang.

Dalam kunjungan kerjanya mendampingi Menteri Perhubungan ke Stasiun Prabumulih, Jumat (20/4), Zulfikri menjelaskan jalur ganda Prabumulih-Kertapati memiliki total panjang 80 km, sedangkan jalur ganda Stasiun Baturaja-Martapura sepanjang 32,3 km.

"Kalau progress, tanggal 25 April ini semua siap dioperasikan, Baturaja-Martapura siap, Prabumulih-Kertapati juga siap dioperasikan 25 April mendatang," kata Zulfikri.

Kedua jalur ganda Sumatra bagian Selatan yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional Pemerintah, ini menghabiskan dana sekitar Rp2,2 triliun.

Ia mengatakan dengan dioperasikannya kedua jalur ganda tersebut, kapasitas lalu lintas kereta api yang mengangkut batu bara dan penumpang tersebut akan meningkat.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan pembangunan jalur ganda akan membangun konektivitas dari Palembang menuju Lubuk Linggau dan Tanjung Karang.

Selain itu, kereta api menjadi angkutan logistik meminimalisasi kendaraan berat di jalan raya sehingga produktivitas terutama komoditas batu bara akan meningkat.

"Penambahan jalur ganda ini akan meningkatkan produktivitas, baik dari Muara Enim ke Palembang maupun Palembang ke Tanjung Karang," kata Budi Karya.

Sebelum dibangun jalur ganda, jalur Prabumulih-Kertapati kini memiliki frekuensi perjalanan 114 KA dari 57 frekuensi KA per hari. Selain itu, kapasitas angkut juga bertambah dari 10 juta ton per tahun menjadi 22 juta ton per tahun.

Waktu tempuh dari Kota Palembang menuju Prabumulih juga menjadi lebih singkat, yakni untuk KA penumpang menjadi 60 menit (dari 100 menit) dan KA barang 90 menit (dari 120 menit).

Sementara itu, jalur Martapura-Baturaja juga meningkatkan frekuensi perjalanan dari 13 KA menjadi 17 KA per hari. Waktu tempuh untuk KA penumpang menjadi hanya 20 menit (dari 45 menit) dan untuk KA barang menjadi 30 menit (dari 20 menit).

 

Sumber: ANTARA

JAKARTA - Proyek pembangunan transportasi massal berbasis rel, yakni Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase III, Koridor Timur-Barat (Balaraja-Cikarang) menjadi salah satu dari 14 proyek yang dihapus oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan tidak masalah jika proyek itu dicoret. Karena proyek MRT Fase III baru akan dimulai pada tahun 2020 nanti.

“Tidak masalah, proyek MRT Koridor Timur-Barat adalah fase ketiga dan baru akan dimulai pada 2020 mendatang,” kata William kepada Beritasatu.com, Jumat (20/4).

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang konsentrasi pada penyelesaian pembangunan fisik MRT Jakarta Koridor Utara-Selatan Fase I (Lebakbulus-Bundaran HI) yang sudah mencapai diatas 90 persen dan kesiapan operasional sudah mencapai 50,55 persen.

“Kami fokus untuk menyelesaikan konstruksi fisik fase I yang diiringi dengan kesiapan operasi dan pemeliharaan. Karena sebentar lagi, Maret 2019, MRT Fase I akan beroperasi,” ujarnya.

Selain itu, perusahaannya juga sedang fokus mempersiapkan pembangunan fisik MRT Fase II, yang direncanakan akan groundbreaking pada akhir Desember tahun ini.

“Pokoknya, saat ini kita sedang fokus pada penuntasan Fase I dan persiapan Fase II,” tegasnya.

Gagasan pengerjaan proyek MRT Fase III sudah dibicarakan dengan Kementerian Perhubungan. Sebab, skala proyek MRT Fase III ini memang jauh lebih besar dibandingkan Fase I dan II. Terlihat dari panjang rel yang akan terbentang sepanjang 87 kilometer yang melewati 22 stasiun.

Sementara, MRT Fase I terbentang sepanjang 15,7 km dengan 13 stasiun, di antaranya tujuh layang dan enam stasiun bawah tanah. Lalu MRT Fase II terbentang sepanjang 8,1 km dengan delapan stasiun.

 

Sumber: BeritaSatu

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan kredit perbankan akan tumbuh di kisaran 8-9 persen (year on year/yoy) pada Maret 2018, atau membaik dibanding Januari dan Februari yang masing-masing tumbuh 7,4 persen (yoy) dan 8,2 persen (yoy).

"Pertumbuhan kredit lebih baik dibandingkan Februari. Maret kita lihat di 8-9 persen (yoy)," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (18/4).

Melihat laju kenaikan kredit di Maret, Agus menilai intermediasi kredit perbankan sepanjang 2018 masih sesuai sasaran yakni tumbuh di 10-12 persen (yoy) sepanjang tahun ini. Mulai menggeliatnya pembiayaan bank diharapkan menstimulus perekonomian domestik agar mampu bertumbuh sesuai target sebesar 5,1-5,5 persen (yoy) pada tahun ini. "Ini adalah bentuk pemulihan Indonesia. Mungkin pertumbuhan DPK masih lebih rendah, tapi kredit lebih baik," katanya.

Meski demikian, sepanjang kuartal I-2018, untuk kredit baru diakui BI masih melambat.

Secara terpisah, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan mesk bertumbuh, permintaan kredit baru belum sesuai harapan. Dody melihat permintaan pembiayaan banyak difasilitasi pasar modal melalui penerbitan surat utang. "Kredit baru turun karena permintaan kredit tidak terlalu besar. Tapi pembiayaan perusahaan nonkredit melalui pasar keuangan, penerbitan surat utang, beberapa sudah IPO (initial public offering/IPO) untuk sahamnya. Itu yang harus dilihat," kata Dody.

BI mengincar pertumbuhan kredit berada di 10-12 persen (yoy) tahun ini. Sementara industri perbankan melalui Rencana Bisnis Bank (RBB) menargetkan pertumbuhan kredit di 12,22 persen (yoy).

MAJALENGKA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan melakukan soft opening Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, pada Mei 2018 sehingga dapat digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun ini.

"Pada Mei ini kita akan melakukan soft opening dan kita berniat mengundang Bapak Presiden pada saat grand opening menjelang mudik Lebaran. Mungkin sekitar tanggal 10 karena pada tanggal-tanggal itu kita harapkan mulai ada arus mudik," kata Mehub Budi Karya Sumadi di Kompleks Bandara Kertajati, Majalengka, Selasa (17/4).

Dari bandara tersebut, kata dia, direncanakan akan dioperasikan rute menuju ke lima hingga enam kota yakni Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Banjarmasin, Balikpapan, dan Medan.

Ia mengatakan, bandara tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai jalur transportasi mudik lebaran.

"Kalau kapasitas penuh ini bisa sampai 5 juta penumpang tapi mungkin tahap awal belum demikian. Direncanakan paling tidak satu hari 10-20 flight," katanya.

Sedangkan jenis pewasat yang bisa diterbangkan dari bandara yang terbentang di luasan lahan 1.800 ha itu masih berjenis narrow body atau pesawat lorong tunggal. "Narrow body itu kira-kira 200 penumpanglah," ujarnya.

Ia menambahkan, Bandara Kertajati adalah satu bandara yang dibangun dengan kerja sama antara Pemda, BUMD, lalu bekerja sama dengan swasta dengan BUMN.

"Satu hal yang paling menarik dari Bandara Kertajati adalah berkaitan dengan bandara ini merupakan bandara yang paling besar setelah Soekarno-Hatta dan dia akan menampung atau melayani kurang lebih 20 juta penduduk. Jadi suatu jumlah yang besar," tuturnya.

Pihaknya mengapresiasi inisiatif Pemda dan BUMD sebagai proyek greenfield ini adalah suatu proyak hasil kolaborasi banyak pihak.

"Nah format ini, bisa dipakai di tempat-tempat lain bahwasannya satu pengembangan infrastruktur bisa melibatkan tidak saja mengandalkan BUMN atau APBN tetapi dengan dana-dana swasta," ucapnya.

 

Layani Penerbangan Haji 2018

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan melayani pemberangkatan jemaah haji mulai tahun ini.

"Ya rencana nanti haji tahun ini sebagian sudah akan diberangkatkan dari 'Airport' Kertajati ini. Sudah disiapkan. Tadi saya tanya ke Angkasa Pura siap, Garuda siap," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Bandara Kertajati, Majalengka, Selasa (17/4).

Ia mengatakan bahkan selain untuk melayani penerbangan haji, bandara yang terbentang di lahan seluas 1.800 ha itu sudah siap digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun ini.

Presiden mengaku masih ingat sekitar dua tahun lalu pada Januari 2016 saat berkunjung ke wilayah itu untuk melakukan pemancangan tiang pertama.

"Kemudian dalam dua tahun lebih sedikit ini dikerjakan sesuai dengan target waktu yang telah kita berikan dan insya Allah bulan depan sudah akan kita coba mulai tanggal 24 Mei dicoba," ujarnya.

Meski ia mengakui masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki di beberapa tempat.

Namun, Presiden optimistis Bandara Kertajati itu bisa menampung kurang lebih 5,6 juta penunpang.

"Ini sebuah tahapan pertama ya, merupakan airport terbesar setelah Soekarno-Hatta dan ini lahannya juga masih sangat gede dan Pemerintah Jawa Barat betul-betul menyiapkan ini dalam sebuah visi untuk sebuah airport yang besar. Total lahan 1.800 hektare. Gede sekali. Dan ini rencananya dikoneksikan dengan tol, tol bisa masuk ke Tol Cipali, Bandung," tuturnya.

Hal senada disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengatakan bahwa Bandara Kertajati rencananya akan digunakan pada musim haji tahun ini.

"Kami akan melakukan fasilitasi sebagai embarkasi antara paling tidak ada lima 'flight' yang bisa berangkat dari sini, untuk haji yang berasal dari dua kabupaten yaitu kita harapkan tiga bulan lagi itu bisa berjalan, tadi sudah kami cek hotel, hotelnya sudah bagus," ucap Budi.

Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan rencananya, operasi penerbangan haji dari Bandara Kertajati akan melayani embarkasi untuk Jawa Barat dari dua kabupaten, Majalengka dan Sumedang. "Sebanyak kurang lebih 2.000 penumpang haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati," katanya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama sekaligus BIJB sebagai pengelola bandara untuk memaksimalkan seluruh potensi yang ada.

"Kita menggunakan dua hotel di Majalengka untuk asramanya," kata Menhub.

TANGERANg - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memproyeksikan lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang bakal lebih dari 100 juta penumpang pada 2025. Angka tersebut tumbuh 58 persen dari realisasi tahun lalu sebanyak 63 juta penumpang.

"Lalu lintas Bandara Soekarno Hatta akan meningkat. Kami perkirakan bisa mencapai lebih dari 100 juta penumpang pada 2025. Tahun lalu jumlah penumpangnya 63 juta orang," kata Menhub di sela peninjauannya ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Minggu (15/4).

Dia menambahkan, PT Angkasa Pura (AP) II saat ini melakukan sejumlah peningkatan kapasitas demi mengakomodasi lonjakan penumpang, di antaranya membangun east cross taxiway dan landasan 3 yang diharapkan menambah pergerakan pesawat dari 81 menjadi 114 pergerakan pesawat.

"Kalau diterjemahkan dalam bentuk movement, sekarang ini sudah 81 pergerakan per jam dan nanti kami harapkan menjadi 114. Hal ini karena yang dibangun adalah runway 3 disertai taxiway dan juga dibangun east cross taxiway," ungkap Budi.

Dia menambahkan, pergerakan kargo melalui moda transportasi udara di Bandara Soekarno Hatta juga akan bertambah lantaran AP II sedang mengerjakan cargo village. Cargo Village diprediksi menaikan jumlah kargo hingga 50 persen.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, pihaknya bakal membangun terminal 4 yang rencananya dimulai pada akhir 2019. AP II akan menuntaskan terlebih dahulu basic design pada tahun ini, kemudian menggarap detailed engineering design (DED).

 

Sumber: BeritaSatu

SALATIGA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono,menargetkan pada bulan Mei 2018, seksi 3 dan 4 tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37 km dari Brebes Timur hingga Pemalang bisa beroperasi. Dengan demikian pada mudik Lebaran 2018, pemudik yang ke arah Semarang tidak lagi keluar Pintu Tol Brebes Timur, namun bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Semarang sepanjang 114,2 km yang akan dibuka fungsional atau belum dikenakan tarif tol.

“Kita berupaya agar mudik Lebaran tahun 2018 lebih baik dari tahun lalu. Tahun ini tidak ada lagi jalur darurat. Kondisi jalan yang fungsional sudah kondisi perkerasan beton atau aspal yang kualitasnya lebih baik dari lean concrete,” jelas Basuki saat meninjau kondisi tol Pemalang hingga Salatiga pada Sabtu (14/4).

Pada ruas tol Pemalang-Batang dengan panjang total 39,2 km dilakukan percepatan pada seksi 1 Pemalang-Pekalongan sepanjang 17 km yang menjadi titik kritis diruas tersebut. Kondisi tanah yang lunak mengakibatkan pengerjaannya menggunakan teknologi vacuum consolidation method (VCM).

Percepatan dilakukan dengan meningkatkan intensitas pekerjaan penimbunan tanah dari semula 5.000 m3 per hari, sekarang sebanyak 20.000 m3 per hari. Ruas yang sudah selesai ditimbun dilanjutkan penghamparan batu agregat. “Pertengahan Mei 2018 sudah bisa dimulai pengaspalan dan akan selesai dalam dua minggu. Saya akan ke sini lagi untuk melakukan pengecekan pada awal Mei 2018,” kata Basuki saat meninjau pengerjaan jalan tersebut Minggu (15/4).

Pengusahaan jalan tol Pemalang-Batang dilakukan melalui investasi PT Pemalang Batang Toll Road yang sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Karya dan PT Sumber Mitra Jaya.

Sementara untuk Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km progres konstruksi sudah 75,4%. Saat meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto yang menjadi titik kritis di ruas tersebut, Menteri Basuki optimis akan bisa dilalui pada mudik Lebaran nanti. “Satu setengah bulan lalu saya kesini bangunan bawah jembatan belum naik. Sekarang sudah berdiri dan minggu ke-3 April akan dimulai pemasangan rangka baja pelengkung jembatannya. Sehingga saya lebih optimistis bisa digunakan saat mudik nanti,” kata Menteri Basuki.

Pengusahaan jalan tol Batang-Semarang dilakukan melalui investasi PT Jasamarga Batang-Semarang dengan komposisi saham dimiliki oleh PT Jasamarga dan PT Waskita Karya. Konstruksi pada ruas tol ini seluruhnya dilakukan oleh PT Waskita Karya.

Kementerian PUPR fokus menyelesaikan tol Trans Jawa bisa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi pada akhir 2019 sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Ngawi-Wilangan, 29 Maret 2018.

 

Sumber: Suara Pembaruan

Advertisement