20
Fri, Apr
32 New Articles

Suara Netizen Soal Permenhub No.32 Tahun 2016

News
Typography

Jakarta, Berita7.com - Kisruh antara pengemudi transportasi online dan pengemudi angkot kini makin meluas. Baru-baru ini terjadi bentrok di Bogor, kedua kelompok pengemudi saling serang. Pemicu konflik di tengarai karena perebutan penumpang, pengemudi angkot merasa dirugikan dengan kehadiran angkutan online. Pemerintah dalam hal ini Menteri Perhubungan akhirnya turun dengan mengeluarkan Permenhub No.32 Tahun 2016. Namun Permenhub tersebut dianggap hanya menguntungkan pihak transportasi konvensional. Sedangkan pengusaha transportasi online dan pengguna merasa dirugikan dengan Permenhub No.32 Tahun 2016.

Ada tiga poin utama dalam Permenhub No.32 thn 2016; 1. Penetapan tarif bawah dan atas. 2. Pembatasan unit kendaraan. 3. STNK kendaraan harus atas nama PT/koperasi. Point pertama dianggap merugikan masyarakat sebagai pengguna. Karena harga transport online dibawah harga angkutan konvensional (taxi dan ojek). Poin kedua, dianggap dapat menghilangkan lapangan kerja pengemudi dan membatasi perkembangan aplikasi pemilik sistem. Pembatasan kendaraan juga akan memperlama waktu tunggu pengguna. Poin ketiga, sangat memberatkan pihak driver dan pemilik aplikasi karena di paksa melebur dalam satu badan usaha (PT/Koperasi). Dan driver hanya bisa bermitra dengan satu pemilik aplikasi karena STNK nama PT/Koperasi.  

Bagaimana tanggapan netizen terhadap Permenhub No.32 Tahun 2016, kita intip akun social media mereka yuk;

Yvonne Rueti Abang angkot yang baik, sebenernya apa sih yang abang takutin dari ojek online? Abang pikir karena penghasilan abang berkurang? Abang lupa ya waktu penumpang minta cepet2 angkot abang jalan, terus jawaban abang apa? "Kalo mau cepet naik mobil sendiri" nah sekarang doa abang di kabulin Tuhan, kita pake jasa online mobil serasa mobil sendiri n cepet lagi.

Abang inget gak waktu uang penumpang kurang apa yang abang lakuin? Teriak2 sambil ngomel2 kan terus bilang "woiii kurang nih uangnya gimana sih, gak punya uang jangan naik angkot" doa abang juga sekarang dikabulin bang...ada ojek online yang penuh dengan diskon...terus kenapa abang marah?

Dan abang sadar gak yang paling sadisnya lagi...waktu penumpang diangkot abang cuma sendirian? Abang turunin tuh penumpang ditengah jalan tanpa abang peduliin keselamatan penumpang itu terus abang minta pula ongkosnya...tanpa abang mikirin tuh orang masih punya uang apa engga? Gimana kalo ongkosnya cuma segitu2nya...nah sekarang Tuhan kirimin ojek online yang nganterin penumpang sampai tujuan. Terus kenapa abang cemburu?

Banyak Copet di angkot Dan abang tau itu copet tp abang diem aja ga bs ngasih tau / lindungin penumpang nya, bnyk pelecehan seksual di angkot jg tp abang bs apa???? blm lagi yg ngamen sambil maksa minta uang dr penumpang,, mabok pula serem bang.. gak nyaman naek angkot skrng..

Kan kyak sticker2 yang di angkot abang "Anda butuh waktu, saya butuh uang" tapi kenapa abang sering ngetem? Kalo kita bilangin, abang suka galak...sedih tau bang, hancur nih perasaan penumpang. Oh ya bang satu lagi, maaf ya kalo abang bukan pribumi tolong jangan galak2, doa orang Bogor mujarab bang😁

Sekarang mendingan pada damai, kalo ngerasa rejeki terhambat karena ini itu mending sama2 intropeksi diri..."sadakohnya cukup gak?" (Eh kenapa jadi ceramah ya? 😝) 

Ya pokoknya gitu...saya kasian sama anak istri abang mereka butuh uang halal dari abang (sok perhatian lo ..biarin ah emang bener😁)

Sebarin terussss biar smpe ke Pemkot n Pemda.. 👍✌

Haikal Abdullah Setuju mbak, karma berlaku. Saya pernah alami hal yg dituliskan mba yvonne di oper ke angkot lain ato bis lain, di turunkan di tengah jln dan supir ugal2an. Model transpor beginika yg ingin di pelihara Menteri Perhubungan?

Mustafa Ibrahim Permenhub itu tujuannya cuma satu...menghentikan operasional angkutan online...minimal 'hidup segan mati tak mau'

Irina Kurniawati gue setuju banget kalau permenhub ini ga di laksanakan, ga ada yang berguna di peraturan ini

Arief Budiman Pemeritnah mau bela kepentingan rakayat atau pengusaha bajingan yg sdh kebiasaan andalkan suap lindungi bisnisnya. Angkutan online praktis, nyaman dan murah makanya digandrungi masyarakat. Sudah rahasia ümum "Pemerintah senang melihat masyarakat susah dan susah melihat masyarakat senang"

Vica Lestari @Menperhub tolong yah agar jgn di recokin transport online, duh sayang gw terlanjur nyaman pake, Gojek ato GrabCar.

Zalsabila Sazcia Maunya apa sih pemeritnah ini, mau kembali ke zaman batu atau mau hidup praktis? Sudahlah cara-cara mematikan persaingan bisnis dgn model bayaran sdh ga zaman. Bending latih tu supir angkat dan bis spy punya manner.

Wil Son GrabCar, Gojek uda pas lah ga perlu tawar menawar naik mobil, mobilnya harum lagi, duduk di rumah sambil tunggu mobil, mobilnya datang ditelp sama driver. Trnsportasi online adalah Langkah awal Transportasi masa depan dan contoh inovasi trasnportasi yang Profesional . Menperhub adalah langkah awal kehancuran Transportasi Online dan contoh buruk peraturan Pemerintah.