18
Sun, Feb
0 New Articles

Bor Raksasa Tanel MRT Mulai Beroperasi

News
Typography

Jakarta, Berita7.com - Mesin bor bawah tanah atau tunnel boring machine (TBM) pertama untuk proyek mass rapid transit (MRT) Jakarta siap dioperasikan, setelah dirakit hampir sebaulan. Tak tanggung-tanggung, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun memberikan nama mesin bor tersebut "Antareja".

Hari ini, Antareja siap beroperasi membelah bumi, membuat terowongan untuk jalur kereta api cepat MRT Jakarta.

Pengoperasian perdana Antareja diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi, disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami di Patung Pemuda, Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Senin (21/9).

Sesuai namanya, Jokowi berharap, mesin bor ini dapat bekerja setangguh tokoh wayang, Antareja,  yang merupakan putra Bima.

Antareja yang memiliki diameter 6,7 meter (m),dengan panjang 43 m dan bobot 323 ton. Mesin ini akan mengebor terowongan jalur bawah tanah, dengan kecepatan delapan m per hari. Antareja akan bekerja mulai hari ini hingga Desember 2016.

Selain Antareja, akan ada tiga mesin bor bawah tanah yang akan membantunya membelah Bumi. Rencananya, ketiga mesin bor ini juga akan dinamakan sesuai dengan nama tokoh wayang.

Saat ini, mesin bor yang kedua sudah ada di lokasi, yaitu kawasan Patung Pemuda. Mesin ini sedang dalam proses perakitan dan akan segera menyusul beroperasi bersama-sama Antareja. (dgr/edr)